• News

  • Nasional

Banjir Sapu Permukiman Warga di Aceh Barat Daya

Banjir landa Aceh Barat
tribun news - google
Banjir landa Aceh Barat

BLANGPIDIE, ACEH, NETRALNEWS.COM - Hujan deras yang sejak Sabtu (14/5/2016) mengguyur wilayah Kabupaten Aceh Barat Daya menyebabkan permukiman warga di beberapa kecamatannya kebanjiran.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Aceh Barat Daya Amiruddin di Blangpidie, hari ini Senin (16/5/2016), mengatakan banjir antara lain melanda wilayah Kecamatan Tangan-Tangan, Manggeng dan Lembah Sabil.

Banjir yang paling parah terjadi di Kecamatan Tangan-Tangan, khususnya di Desa Masjid, Drien Jalo, Padang Kawa dan Blangpadang yang rumah-rumah warganya tergenang air setinggi 80 centimeter sampai satu meter.

Kepala Desa Masjid Hasanuddin mengatakan sekitar 60 rumah warganya sejak semalam tergenang air setinggi 80 centimeter sampai satu meter.

"Sejak semalam warga tidak bisa tidur karena masuk air ke rumah," katanya serta menambahkan banjir terjadi karena air Sungai Tangan-Tangan meluap.

"Sungai Tangan-Tangan ini sekarang sudah sangat dangkal. Jadi, bila hujan turun air meluap ke perkampungan masuk ke rumah warga kami. Dan ini bukan yang pertama, melainkan sudah sering terjadi," katanya.

Dia berharap pemerintah kabupaten segera melakukan normalisasi sungai supaya warga tidak lagi merasa was-was banjir akan datang saat hujan turun.

Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Aceh Barat Daya Nazaruddin mengatakan pemerintah daerah sudah mulai menyalurkan bantuan kepada warga yang terdampak banjir.

"Kalau data lengkap belum kita terima, namun bantuan masa panik sudah kita salurkan kepada sebagian warga di Kecamatan Tangan-Tangan dan bantuan ini terus kita salurkan kepada warga lain yang terkena musibah," katanya.

Editor : Hila Japi
Sumber : Antaranews