• News

  • Nusantara

Ada Macan Tutul 14 Jam Bersembunyi di Kolong Rumah Warga

Macan Tutul berhasil dilumpuhkan
detik
Macan Tutul berhasil dilumpuhkan


SUKABUMI, NNC - Hendi alias Goci (53), warga Kampung Perbawati, Desa Perbawati, Kecamatan Sukabumi, Kabupaten Sukabumi bukan main takutnya saat seekor macan tutul bersembunyi  di kolong rumahnya. Macan tersebut bersembunyi usai memangsa ayam peliharaannya.

Tak ingin megambil resiko, Kamis (17/5/2018), selesai santap sahur bersama istrinya, Hendi lalu menghubungi petugas Polsek Sukabumi, Resor Sukabumi Kota, sekitar pukul 04.30 WIB.

Petugas datang ke lokasi dan berkoordinasi dengan Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Jabar dan Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango(TNGGP).

Satwa liar tersebut berhasil dilumpuhkan dengan menggunakan peluru bius setelah sempat 14 jam berada di kolong rumah Handi.

Wahyu Hananto, dokter hewan dari Pusat Penyelamatan Satwa Cikananga (PPSC) mengatakan, macan tutul itu barus berumur 1,5 tahun. Diperkirakan bocah acan tutul itu sedang belajar menjelajah hingga kemudian nyasar ke pemukiman warga di kaki Gunung Gede PangrangoSukabumi. "Macan tutul ini masih bisa kembali ke induknya," kata Wahyu.

Menurut Wahyu, hewan tersebut sengaja bersembunyi di kolong rumah Handi karena dianggap aman sambil memangsa hewan peliharaan milik Handi. "Hewan itu menganggap kolong sebagai tempat paling aman, makanya kenapa tadi dia sampai bertahan beberapa lama di dalam sana," tutur Wahyu.

Editor : Wulandari Saptono