• News

  • Nusantara

Batas Desa Mamuju Tengah Berpotensi Konflik Agraria

Illustrasi. Kabupaten Mamuju
Illustrasi. Kabupaten Mamuju

MAMUJU, NETRALNEWS.COM - Batas desa yang sering dipertentangkan berpotensi memunculkan konflik agraria di Kabupaten Mamuju Tengah Provinsi Sulawesi Barat, sehingga semestinya diselesaikan pemerintah secepatnya.

"Berdasarkan riset yang sudah dilaksanakan lembaga kami terdapat 17 desa yang mengalami permasalahan mengenai batas desa," kata Ketua Organisasi Masyarakat (Ormas) Forum Persaudaraan Pemuda Sulbar (FPPF) Kabupaten Mamuju Tengah, Acong Supriadi K Makmur, di Mamuju, Selasa (27/12/2016).

Ia mengatakan, batas desa yang sering dipermasalahkan aparat desa dan masyarakatnya itu terjadi karena batas kecamatan di Mamuju Tengah juga dianggap bermasalah.

"Ketika mengacu pada batas kecamatan Kabupaten Mamuju Tengah, maka batas desa yang ada di Mamuju Tengah tidak sesuai, karena batas desa dan kecamatan berbeda inilah yang kami anggap akan berpotensi memunculkan konflik agraria," katanya.

Oleh karena itu ia berharap pemerintah di Mamuju Tengah segera menyusun peraturan daerah tentang batas dan kecamatan sebagai acuan hukum agar tidak ada lagi permasalahan soal itu.

"Kalau batas desa dan kecamatan ditetapkan melalui perda, maka itulah yang harus jadi acuan semua pihak baik di desa dan kecamatan mesti menerimanya agar tidak ada lagi masalah yang bisa memunculkan konflik agraria," katanya.

 

Editor : Marcel Rombe Baan
Sumber : Antara