• News

  • Olahraga

Ricky/Debby Susul Tontowi/Liliyana ke Perempat Final Kejuaraan Asia 2018

Pasangan Ricky Karada Suwardi/Debby Susanto
Indopos
Pasangan Ricky Karada Suwardi/Debby Susanto

WUHAN, NNC - Pasangan Ricky Karada Suwardi/Debby Susanto berhasil mengikuti jejak seniornya Tontowi/Liliyana untuk menjejak babak perempat final Kejuaraan Asia 2018. Ricky/Debby menyingkirkan Goh Soon Huat/Shevon Jemie Lai yang jadi unggulan keenam dengan skor 21-16, 26-24.

Dikutip dari situs resmi PBSI, Kamis (26/4/2018), Debby menyatakan ketenangan dan keyakinan di lapangan ternyata menjadi kunci utama kemenangan pasangan yang baru diduetkan sejak awal tahun 2018 ini.

"Pertama harus yakin dulu, mau lawan unggulan atau bukan, kita harus yakin sama kemampuan diri kita sendiri. Saya cuma sering mengingatkan Ricky untuk lebih kalem, karena kalau dia tenang, permainan dia di latihan itu keluar semua, jadi dianya juga lebih percaya diri dan enjoy," kata Debby.

Meski memperoleh kemenangan, namun Debby mengakui lawan mereka sukar dihentikan terlebih di akhir gim kedua ketika unggul dengan kedudukan match point 20-16.

"Lawan nggak terlalu gampang dimatikan, pemain Malaysia itu terkenal pertahanannya bagus, baik pemain putra atau putri. Jadi kami harus ekstra sabar, apalagi kalau bolanya berat, tambah nggak mudah mematikan lawan. Siapa yang lebih sabar, dia yang akan menang," ujar Debby.

Di putaran perempat final akan mempertemukan Ricky/Debby dengan unggulan kedua, yang juga wakil tuan rumah, Wang Yilyu/Huang Dongping. Ricky/Debby belum pernah bertemu dengan Wang/Huang sebelumnya, namun Debby pernah satu kali menang dan dua kali kalah atas Wang/Huang saat ia berpasangan dengan Praveen Jordan.

"Secara permainan, saya sudah tahu Wang/Huang itu seperti apa, Ricky bisa pelajari juga lewat video pertandingan. Yang harus diwaspadai itu justru diri kami sendiri, harus lebih fokus. Saya dan Praveen atau dengan Ricky pola mainnya kurang lebih sama. Cuma, Ricky sekarang masih cari hawa nya jadi pemain ganda campuran, jadi tinggal nyari 'pede' nya saja," kata Debby. 

Reporter : Dimas Elfarisi
Editor : Nazaruli