• News

  • Olahraga

Dikalahkan Ganda Tiongkok, Owi/Butet Gagal Juara

Tontowi Ahmad dan Liliyana Natsir.
NNC/Anhar Rizki Affandi
Tontowi Ahmad dan Liliyana Natsir.

WUHAN, NNC – Pasangan ganda campuran terbaik Indonesia, Tontowi Ahmad/ Liliyana Natsir gagal melangkah menjadi juara di Kejuaraan Bulutangkis Asia 2018 usai dikalahkan pasangan ganda tuan rumah Tiongkok, Wang Yilyu/Huang Dongping.

Pada pertandingan final yang berlangsung di Wuhan, Minggu (29/4/2018) sian WIB, Tontowi dan Liliyana menyerah dari Wang Yilyu/Huang Dongping dengan skor 17-21 dan 17-21 hanya dalam durasi 42 menit.

Awal-awal gim pertama sempat berlangsung sengit dengan saling kejar poin di antara dua pasangan tersebut. Tontowi/ Liliyana sempat unggul 13-10, kemudian mampu dikejar Wang/Huang menjadi 14 sama.

Ganda campuran peringkat kedua dunia itu pun mampu membalikkan keadaaan hingga akhirnya menang 21-17 dari Tontowi/ Liliyana.

Di gim kedua, Wang/Huang tampaknya lebih mudah meladeni Tontowi/ Liliyana. Mereka terus memimpin poin sejak unggul 6-5 pada awal-awal gim tersebut.

Tontowi/ Liliyana sepertinya cukup kesulitan untuk mengejar ketinggalan poin dari Wang/Huang hingga akhirnya kalah dengan skor yang sama yakni 17-21 pada gim tersebut.

Kekalahan Tontowi/ Liliyana pun sekaligus menegaskan tak ada satu pun gelar juara yang berhasil diraih wakil dari Indonesia di kejuaraan bulutangkis Asia 2018 tersebut.

Pasalnya, hanya Tontowi/ Liliyana satu-satunya wakil Indonesia yang sebelumnya berhasil ke babak final kejuaraan bulutangkis Asia itu.

Sebelum berhadapan dengan Wang/Huang, pasangan ganda campuran nomor satu Indonesia itu sudah mengalahkan dua ganda Tiongkok lain di babak perempat final dan semifinal.

Pada babak perempat final, pasangan senior tersebut melewati adangan He Jing Ting/Du Yue 21-11, 9-21, dan 21-10.

Selanjutnya di partai semifinal giliran Zheng Siwei/Huang Yaqiong yang ditundukkan peraih medali emas Olimpiade 2016 dengan skor 21-11 dan 21-13.

 

Editor : Widita Fembrian