• News

  • Opini

Menguak Manajemen SDM dalam Organisasi

R Yudhy Pradityo
Netralnews
R Yudhy Pradityo

JAKARTA, NNC - Sumber daya manusia (SDM), merupakan asset yang sangat berharga bagi suatu organisasi, baik organisasi sosial, pemerintahan, maupun perusahaan. Karena itu, SDM harus dikelola dengan sebaik mungkin. 

Pengelolaan/manajemen merupakan ilmu/seni yang dilakukan untuk mencapai suatu tujuan melalui kegiatan orang lain.

Tujuan utamanya adalah untuk meningkatkan kontribusi pegawai terhadap organisasi dalam rangka mencapai produktivitas organisasinya. 

Hal ini dapat di pahami karena semua kegiatan organisasi dalam mencapai tujuan, tergantung kepada manusia yang mengelola organisasi yang bersangkutan. 

Sehingga, dapat disimpulkan bahwa manajemen merupakan suatu proses pengelolaan yang terdiri dari Planning (Perencanaan), Organitation (Organisasi), Actuating (Pelaksanaan), Controling (Pengendalian) yang dilaksanakan secara berkesinambungan guna mencapai tujuan dari suatu organisasi. 

Planning (perencanaan) terkait SDM merupakan upaya merencanakan kebutuhan SDM dalam suatu organisasi dalam melaksanakan kegiatan organisasinya untuk mencapai tujuan organisasi tersebut. 

Organitation (organisasi) di sini merupakan penempatan SDM yang ada sesuai dengan kompetensi dan keahlian masing – masing yang dimiliki setiap SDM. 

Sedangkan, actuating (pelaksanaan) SDM berarti bahwa memastikan semua SDM yang ada harus dioptimalkan untuk mencapai visi, misi dan program kerja organisasi.

Penulis : R Yudhy Pradityo Sp, SE, MM
Editor : Thomas Koten