• News

  • Pendidikan

2.743 Peserta Didik BPK PENABUR Jakarta Ikuti Raimuna di Buperta Cibubur

Pembukaan Raimuna BPK PENABUR di Buperta Cibubur, Jakarta
Netralnews/Martina Rosa
Pembukaan Raimuna BPK PENABUR di Buperta Cibubur, Jakarta

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Sejak pukul 07.00 WIB, Bumi Perkemahan dan Graha Wisata (Buperta) Cibubur telah dipadati oleh ribuan peserta didik dari berbagai SLTAK BPK PENABUR Jakarta. Tangan kanan dan kiri peserta didik terlihat membawa perbekalan dan perlengkapan berkemah, tak lupa tas ransel besar yang digendong, lengkap dengan pakaian seragam Praja Muda Karana (Pramuka) dan senyum semangat diwajah.

Kedatangan mereka ke Cibubur bukan tanpa alasan, sebanyak 2.743 peserta dari SLTAK BPK PENABUR Jakarta akan mengikuti Raimuna yang diselenggarakan pada Kamis (2/5/2019) hingga Jumat (3/5/2019).

Raimuna 2019 kali ini mengangkat tema "Generasi Milenial yang Berbudaya dan Berkarakter". Adapun tujuan dari Raimuna kali ini adalah, menjadikan peserta Raimuna BPK PENABUR menjadi generasi modern yang mencintai budaya serta berkarakter.

Raimuna difokuskan pada bidang pengembangan diri Pramuka lewat tantangan edukatif, reaktif, rekreatif dan produktif. Diharapkan para peserta juga bisa mendapat wawasan dan pengetahuan dalam meningkatkan kemampuan, memperoleh pengalaman dan keterampilan baru.

Pembina Upacara Raimuna SLTAK PENABUR Jakarta, Purnomo Sigit dalam amanatnya mengatakan, meski para peserta didik hidup di era teknologi canggih namun pengetahuan dasar dengan berbagai benda sederhana perlu dilakukan di lapangan. Selain itu, sebagai peserta didik PENABUR yang berbasis anak Tuhan, maka nilai Kristiani juga harus ditunjukkan dengan ketaatan pada para guru.

Raimuna + Netralnews + Martina Rosa

"Nilai Kristiani harus ditunjukkan dengan ketaatan pada bapak, ibu guru. Apabila ingat akan kasih, bisa saling berbagai pada sesama," kata Kak Purnomo saat amanat upacara pembukaan, Kamis (2/5/2019).

Pada kesempatan yang sama, Kepala Jenjang SLTAK PENABUR Enche Gunawan mengatakan, Raimuna ke lima ini adalah suatu ajang bagi para Pramuka Penegak.

"Marilah kita mengikuti Raimuna ini dengan semangat yang menggelora dan itikad luhur sehingga setiap aktivitas yang kita ikuti dapat memberikan pengalaman yang bermakna bagi setiap kita," kata Enche.

Diharap Enche, para peserta Raimuna bisa membangun pikiran positif dan berusaha memberikan yang terbaik dalam ikatan kekeluargaan. Selain itu menjadikam cinta kasih Tuhan Yesus sebagai kunci utama dalam pelaksanaan Raimuna. "Selamat berakrivitas adik-adik penegak, Tuhan Yesus memberkati," sambung dia.

Raimuna+Netralnews+Martina Rosa

Untuk diketahui, peserta Raimuna 2019 ini berasal dari 19 SLTAK BPK PENABUR Jakarta. Sembilan belas sekolah tersebut diantaranya: SMAK 1 PENABUR, SMAK 2 PENABUR, SMAK 3 PENABUR, SMAK 4 PENABUR, SMAK 5 PENABUR, SMAK 6 PENABUR, SMAK 7 PENABUR, SMAK 8 PENABUR, SMAK Bintaro Jaya, SMAK PENABUR INTER Kelapa Gading, SMAK PENABUR Jababeka, SMAK PENABUR Kota Tangerang, SMAK PENABUR Kota Wisata, SMAK PENABUR Paledang Bogor, SMAK PENABUR Sumarecon Bekasi, SMAK PENABUR Tirta Marta, SMF PENABUR Jakarta, SMAK PENABUR Harapan Indah dan SMAK PENABUR Gading Serpong.

Raimuna diisi dengan berbagai acara, dibuka dengan upacara; aktivitas kampung seperti mendekorasi kampung, memasak makan siang, membuat tapak kemah; kunjungan kampung dengan menyajikan/menyiapkan pakaian adat, makanan khas daerah, kesenian daerah, kreativitas sekolah; berbagai tantangan;  apel; talent show; api unggun dan refleksi; olah raga; karya bersama dan ditutup dengan upacara.

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Tommy Satria Ismaya Cahya