• News

  • Pendidikan

Di Kota Ini Ada Satgas Kawal Pergaulan Pelajar di Luar Jam Sekolah

Pergaulan remaja di luar jam sekolah, dinilai perlu diawasi.
Ngidang Buko
Pergaulan remaja di luar jam sekolah, dinilai perlu diawasi.

Berita Terkait

PANGKALPINANG, NETRALNEWS.COM - Pemerintah Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung membentuk tim satuan tugas untuk mengawal pergaulan siswa-siswi di luar jam belajar sekolah, dalam upaya membentuk karakter belajar siswa dan meningkatkan mutu pendidikan di daerah itu.

"Kami sudah melihat sudah ada gejala-gejala negatif yang dapat merusak mental dan masa depan anak-anak di daerah ini," kata Kepala Dinas Pendidikan Kota Pangkalpinang Edison Taher di Pangkalpinang, Jumat (14/7/2017).

Ia menjelaskan pembentukan tim satgas ini didasarkan Perwako Nomor 9 Tahun 2017 tentang Penguatan dan Pengawalan Karakter Belajar Siswa, sebagai antisipasi pengaruh negatif yang merusak mental dan masa depan generasi penerus bangsa ini. Tim Satgas merupakan gabungan instansi diantaranya Satpol Pamong Praja, camat, lurah, RT/RW, Bhabinsa, Bhabinkantibmas mengawasi pergaulan anak-anak di luar jam sekolah.

"Kami telah menggangarkan dana untuk operasional tim satgas ini dalam mengawasi siswa-siswi yang masih berkeliaran di luar jam sekolah," katanya.

Edison mengatakan bagi anak-anak yang masih berkeliaran di atas pukul 21.00 WIB, tim satgas ini akan memanggil dan mendata orang tua untuk mengetahui penyebab anak masih berkeliaran di malam hari.

Selanjutnya data anak-anak yang kedapatan berkeliaran di malam hari tanpa didampingi orang tua ini akan dikirim ke sekolah untuk dibina karakternya.

"Apabila siswa ini tidak bisa dibina di sekolah, maka pihak TNI/Polri akan melakukan pembinaan mental dan karakter siswa tersebut," ujarnya.

Menurut dia pembentukan satgas ini sebagai antisipasi kenakalan, tawuran, kriminalitas, narkoba,minuman keras, seks bebas di kalangan pelajar.

"Mudah-mudahan dengan adanya tim satgas ini dapat mengantisipasi pengaruh-pengaruh yang tidak baik akan mengganggu belajar siswa di sekolah dan rumah, sehingga dapat meningkatkan mutu pendidikan di daerah ini," harapnya. 

Editor : Lince Eppang
Sumber : Antara