• News

  • Politik

Bertemu Paloh, Prabowo Dinilai Jadi ‘Ice Maker‘ Hubungan PDIP-NasDem

Bertemu Paloh, Prabowo dinilai jadi 'Ice Maker' hubungan PDIP-NasDem.
Nusantara
Bertemu Paloh, Prabowo dinilai jadi 'Ice Maker' hubungan PDIP-NasDem.

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Menelisik pertemuan Ketum Gerindra dan Ketum NasDem Surya Paloh pada Minggu (13/10/2019), pengamat politik Jerry Massie menilai, NasDem mulai legowo menerima Gerindra untuk bergabung dalam koalisi pendukung pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) periode 2019-2024.

"Saya melihat Partai NasDem mulai legowo mendukung Gerindra di koalisi. Kendati NasDem sempat menolak lantaran keduanya bukan sama-sama koalisi saat president elextion (pemilihan presiden) April lalu," kata Jerry dalam keterangan tertulisnya, Senin (14/10/2019).

Ia juga berpendapat, dalam pertemuan Prabowo-Paloh ada pembicaraan rahasia yang tak bisa diumbar ke publik. "Pastinya ada hal yang rahasia dalam pembicaraan kedua tokoh penting ini tapi saya nilai tak bisa diumbar ke publik. Bisa saja," ucap dia.

Meski tak diumbar ke publik, Jerry menduga pembicaraan kedua tokoh itu seputar bagaimana membangun koalisi di Pilpres 2024 dan juga soal kursi menteri di Kabinet Kerja Jilid II Jokowi.

"Paling pembicaraan kedua bisa saja koalisi, Pilpres 2024 maupun menteri Kabinet. Komunikasi yang dilakukan NasDem dalam hal ini Ketum Surya Paloh saya nilai cukup baik," paparnya.

"Ini menjadi sinyalemen positif ke arah koalisi Gerindra dan NasDem. Kalau sejarah keduaanya memang adik-kakak politik karena sama-sama terlahir dari Partai Golkar," jelas Jerry.

Lebih lanjut, Direktur Eksekutif Political and Public Policy Studies ini memuji manuver politik Paloh yang melakukan pertemuan dengan Prabowo di saat adanya isu keretakan hubungan NasDem dan PDIP

Jerry pun memandang bahwa dalam hal ini Prabowo sebagai 'pencair' hubungan antara PDIP dan NasDem yang dikabarkan memanas.

"Memang cara NasDem sangat tepat disaat NasDem dan PDIP mulai sedikit bermasalah. Prabowo bisa jadi ice maker atau pencair," jelas Jerry.

Selain itu, Jerry melihat langkah Paloh ini juga terkait hubungan Gerindra dan PDIP yang kian mesra belakangan ini. "NasDem membaca PDI-P dan Gerindra kian mesra dan jalan yang dilakukan sangat smart," pungkasnya.

Reporter : Adiel Manafe
Editor : Sulha Handayani