• News

  • Politik

Gantikan Kahar Muzakir, Robert Kardinal Ketua Fraksi Partai Golkar

Robert Kardinal (ist)
Robert Kardinal (ist)

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Dewan Pengurus Pusat Partai Golkar resmi menunjuk Robert Kardinal sebagai ketua Fraksi Partai Golkar di DPR, menggantikan Kahar Muzakir.

Pergantian ini berdasarkan surat DPP Partai Golkar yang beredar di kalangan awak media di parlemen. Surat itu ditandatangani Setya Novanto dan Sekjen Partai Golkar Idrus Marham.

"Mengesahkan dan menetapkan saudara Robert Kardinal sebagai Ketua Fraksi Partai Golkar DPR-RI mengantikan Kahar Muzakir dan sekaligus Robert Kardinal merangkap sebagai Bendahara Fraksi Partai Golkar," demikian surat pergantian dari DPP Partai Golkar, Selasa (18/4/2017).

Namun saat dikonfirmasi soal penunjukan tersebut, Robert Kardinal mengaku belum mengetahuinya. Meski demikian, dirinya membenarkan ada pergantian ketua Fraksi Partai Golkar.

"Lagi proses," kata Anggota Dewan asal dapil Papua ini.

Sebelumnya, Sekjen Partai Golkar, Idrus Marham kepada wartawan di Gedung Nusantara III Kompleks Parlemen, menepis jika Kahar Muzakir dicopot oleh Ketua DPP Partai Golkar Setya Novanto.

"Bukan begitu. Bukan copot, tapi penyegaran itu namanya. Biasalah, dulu saya juga demikian, setelah menjabat Sekjen, maka saya harus mundur dari Anggota DPR agar fokus mengurusi Partai. Pak Kahar Muzakir itu kan Ketua Koordinator Bidang (Korbid) Kepartaian. Maksudnya supaya beliau bisa lebih fokus, karena tidak lama lagi ada Pemilu. Tahun 2018 ada pilkada, tahun 2019 ada pileg dan pilpres, jadi biar lebih fokus saja," kata Idrus menjawab pertanyaan wartawan.

Reporter : Dominikus Lewuk
Editor : Hila Japi