• News

  • Religi

Sangha Theravada Indonesia Ajak Umat Budha Tebar Cinta Kasih

Indonesia Tipitaka Chanting digelar di Borobudur (BudhaZine)
Indonesia Tipitaka Chanting digelar di Borobudur (BudhaZine)

SEMARANG, NETRALNEWS.COM - Sangha Theravada Indonesia mengajak umat Buddha untuk menebar cinta kasih yang dimulai dari diri sendiri dengan menahan diri untuk tidak melakukan hal-hal yang buruk.

Hal tersebut terungkap dalam perayaan 40 Tahun Sangha Theravada Indonesia Wilayah Jawa Tengah yang digelar di Semarang, Minggu (27/11/2016).

Ketua Perayaan 40 Tahun Sangha Theravada Indonesia Wilayah Jawa Tengah Cattamano Thera mengatakan anjuran cinta kasih sebagai hal yang dibutuhkan.

Tema Peringatan 40 Tahun Sangha Theravada Indonesia, yakni "Karuna Santi Hening Karta (Menebar Kasih Membangun Kedamaian)".

"Anjuran cinta kasih, tidak hanya untuk manusia, tapi juga dunia," kata Kepala Vihara Tanah Putih Semarang itu.

Menurut dia, cinta kasih dimulai dengan menahan diri untuk tidak melakukan hal buruk atau tidak baik.

Mengembangkan sikap luhur, lanjut dia, selaras dengan ajaran Sang Buddha.

Ia menjelaskan Sangha Theravada Indonesia terbentuk pada 23 Oktober 1976 di Vihara Maha Dhammaloka yang sekarang bernama Vihara Tanah Putih.

Sangha sendiri merupakan perkumpulan para biksu untuk mencapai pencerahan batin serta mengabdikan diri demi ketenteraman dan kebahagiaan masyarakat.

Cattamano mengungkapkan Peringatan 40 Tahun Sangha Theravada juga digelar di sejumlah kota lain, seperti Jakarta, Makassar, Balikpapan, Medan, dan Denpasar.

Editor : Lince Eppang
Sumber : Antara