• News

  • Religi

MUI Minta Pemerintah Saudi Perketat Keamanan

Umat Muslim menjalankan ibadah Haji.
The National
Umat Muslim menjalankan ibadah Haji.

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Ketua Majelis Ulama Indonesia ( MUI) Ma'ruf Amin mengecam serangan bom bunuh diri yang dilakukan oleh sekelompok teroris di area Masjidil Haram, Kota Mekkah, Jumat (23/6/2017) waktu setempat. Ia berangggapan tindakan itu keterlaluan karena Mekkah, sebagai tempat beribadah bagi umat Muslim, merupakan kumpulan dari berbagai suku bangsa di seluruh dunia.

"Orang nggak bener itu. Ngebom Masjidil Haram sama aja kayak ngebom umat dunia," kata Ma'ruf Amin usai sidang isbat, Sabtu (25/6/2017).

Menurut Ma'ruf Amin, orang yang terlibat dalam serangan bom bunuh diri tidak memiliki cara pikir sehat dan tidak normal. Untuk diketahui, Stasiun televisi berita Al-Ekhbaria, mengutip pejabat kementerian dalam negeri, mengabarkan, 11 orang terluka saat sebuah bangunan berlantai tiga meledak di Masjidil Haram.

Bangunan berlantai tiga itu adalah tempat seorang terduga pelaku bom bunuh diri berlindung dari kepungan polisi sebelum akhirnya meledakkan diri.

Dari 11 orang yang terluka itu, lima orang di antaranya adalah anggota kepolisian. Serangkain foto yang diduga berasal dari tempat pengepungan beredar di media sosial.

Atas kejadian ini, Ma'ruf Amin menilai kejadian ini memerlukan bantuan dan peran dari Indonesia. Sehingga dia meminta pemerintah Indonesia dapat mengimbau pemerintah Arab Saudi untuk meningkatkan keamanan.

"Di situ masyarakat Indonesia paling banyak, jangan sampai terjadi ledakan. Ini harus kita bantu juga supaya kita mengingatkan waspada, terhadap Masjidil Haram saja masih ada ancaman," ujar Ma'ruf Amin.

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Lince Eppang