• News

  • Sisi Lain

Ngeri! Menampakkan Diri di Boyolali, Sugi: Entah Itu Kuntilanak, Entah Peri

Waduk Cengklik  di Boyolali dikenal angker
Foto: Corecto
Waduk Cengklik di Boyolali dikenal angker

BOYOLALI, NETRALNEWS.COM - "Sulit dijelaskan, hanya bolehlah disebut fenomena gaib sering dijumpai oleh orang-orang yang boleh dibilang sensitif atau peka dengan kekuatan supranatural," kata Sugi (52) kepada Netralnews, Rabu (28/10/20) silam.

Warga yang tinggal tak jauh dari Waduk Cengklik di Boyolali, Jawa Tengah, akhirnya mau menceritakan pengalamannya tentang misteri Waduk Cengklik, setelah lama diajak ngobrol dan berkenalan. 

Sehari-hari, Sugi berladang di lahan yang ia miliki. Siang itu ia sekedar berkeliling menikmati suasana Waduk yang menurut penuturannya dibangun tahun 1926.

"Waduk ini sudah ada lebih dari 90 tahun. Menurut cerita sih, dibangun untuk wilayah pertanian milik Pura Mangkunegaran. Dan hingga kini masih berfungsi. Selain untuk pertanian juga menjadi objek wisata," tutur Sugi. 

"Soal cerita misteri, ya itu tadi. Banyak orang mengaku melihat hal-hal aneh, atau gaib begitulah. Saya sendiri juga pernah," kata Sugi.

Menurut pengalamannya, Sugi suatu hari hendak pulang dari ladang menuju rumahnya. Ia sempat melewati waduk. Ia mengaku melihat sosok aneh di tepi waduk.

"Yang saya lihat sih sosok perempuan rambut panjang berdiri membelakangi saya. Jadi dia menghadap ke barat. Rambutnya bergerai. Hari sudah remang-remang tapi di ufuk barat masih meninggalkan sunset berwarna merah," lanjut Sugi.

Sugi mulannya tidak mau menghiraukan dan tetap berjalan hendak pulang. Namun, ia akhirnya penasaran.

"Hari sudah gelap, saya kan jadi berpikir, mengapa perempuan kok berani seorang diri di tepi waduk. Saya kan khawatir kalau kenapa-kenapa. Maka, saya putuskan kembali dan mau menegur perempuan itu. Begitu saya melangkah menuju sosok perempuan itu, saya terbelalak," lanjut Sugi.

Bukannya Sugi semakin mendekati perempuan itu, tapi justru jaraknya semakin jauh dan bikin bulu kudu Sugi berdiri.

"Sosok itu menjauh seperti berjalan tapi bukan ke arah daratan. Malah ke tengah waduk. Badan saya langsung merinding. Sosok itu berjalan cepat di atas air. Semakin ke tengah sampai akhirnya tak terlihat oleh mata saya karena gelap. Ya sudah, saya pulang cepat-cepat. Mana mungkin itu sosok manusia," tegas Sugi.

Sugi mengaku tak mampu menjelaskan fenomena yang ia lihat.

"Sulit menjelaskan apa atau siapa sebenarnya yang saya lihat. Entah itu kuntilanak atau peri. Ya, sebagian orang bilang, yang saya lihat adalah peri penunggu waduk. Namun ada juga yang bilang itu sosok kuntilanak. Mana yang benar, saya juga ndak tahu," ungkap Sugi. 

"Namun juga ada yang tak percaya dengan apa yang saya lihat. Saya sih ndak marahlah kalau ada orang yang tak percaya dengan apa yang saya lihat. Lha mau gimana mau membuktikan? Saya ndak sempat rekam apa yang saya lihat. Mungkin beda ceritanya kalau ada rekamannya," tegas Sugi.

Kisah penampakan peri hingga makan tumbal

Selain cerita yang dituturkan Sugi, setidaknya ada dua cerita lain tentang fenomena misteri di Waduk Cengklik. Yang pertama, kisah misteri seperti yang dikisahkan oleh pengelola akun Instagram @misterisolo, 31 Mei 2020 silam.

"Beberapa kisah mistis yang sampai sekarang masih sering menjadi buah bibir. Salah satunya tentang peri yang sering berinteraksi dengan beberapa masyarakat yang melewati waduk ini," ujar dia.

Dalam unggahan tersebut dijelaskan pula wujud peri yang dimaksud. Adapun penampakannya berupa perempuan cantik dan harum. Namun, terkadang ada pula sosok peri yang berwujud menakutkan, seperti wajah rata, wajah hancur dan juga binatang buas.

"Pada tahun 2017, waduk ini digemparkan dengan kisah seorang pengemudi motor yang tiba-tiba linglung ketika melewati waduk ini. Menurut kesaksiannya, sang pengendara motor tiba-tiba merasakan seorang perempuan membonceng motornya dan mulai mengajak bercakap-cakap. Dari situ pengendara motor tidak ingat lagi apa yang dialami sampai akhirnya tersadar masuk ke dalam sungai kecil di daerah Andong, 20 kilometer dari waduk ini," ungkap dia.

Cerita kedua adalah mitos bahwa Waduk Cengklik sering memakan trumbal setiap tahunnya. Dan memang, hampir setiap tahun, di waduk ini sering ada kasus orang tewas tenggelam. Ada juga penemuan mayat korban pembunuhan. 

"Dari pemancing yang tenggelam sampai peristiwa pembunuhan yang mayatnya dibuang atau ditemukan di tempat ini merupakan hal yang rutin tiap tahunnya," jelas akun @misterisolo.

Bahkan, beberapa orang juga kedapatan pernah membuang benda yang diduga keramat ke Waduk Cengklik ini. Hal tersebut sudah sering dilakukan oleh masyarakat sejak puluhan tahun yang lalu.

"Hal ini yang membuat waduk ini menjadi waduk yang mempunyai aura mistis yang hitam ketika malam tiba-tiba. Selalu berdoa dan waspada adalah hal yang harus dilakukan ketika menjamah tempat ini," tutup dia.

Editor : Taat Ujianto