• News

  • Wisata

Selama Pandemi COVID-19, Istana Siak Masih Belum Buka

Istana Assereyah Al Hasyimiah atau yang dikenal dengan Istana Siak.
Istimewa
Istana Assereyah Al Hasyimiah atau yang dikenal dengan Istana Siak.

SIAK, NETRALNEWS.COM - Istana Assereyah Al Hasyimiah atau yang dikenal dengan Istana Siak di Kabupaten Siak, Riau, yang di dalamnya juga dijadikan museum hingga saat ini belum dibuka untuk wisatawan yang ingin melihat koleksi kesultanan setempat akibat COVID-19 yang masih mewabah.

Meskipun belum dibuka tapi masih banyak saja wisatawan yang datang ke tempat tersebut. Namun pengunjung hanya bisa berfoto di depan pagar istana tersebut karena pintu masuk yang masih terkunci.

Istana Siak awalnya ditutup sejak Maret lalu terhitung adanya kasus terkonfirmasi COVID-19 di Kabupaten Siak. Rumah Sultan Syarif Kasim II itu sempat dibuka usai lebaran Juni lalu dengan menerapkan pola era normal baru.

Akan tetapi Istana ditutup kembali karena adanya eskalasi kasus COVID-19 di Kabupaten Siak. Hingga saat ini sudah lebih dari 1.000 kasus positif di daerah tersebut meskipun sekitar 80 persen di antaranya sudah sembuh.

Wisatawan untungnya masih bisa menikmati wisata di Siak meski hanya di depan istana. Wisatawan bisa menikmati wisata Tepian Bandar Sungai Jantan yang merupakan "Water front City" Kabupaten Siak.

Turap tersebut berada di tepi Sungai Siak dari posisi depan Istana hingga Klenteng Hock Siu Kiong yang juga ramai dikunjungi warga. Namun klenteng itu juga ditutup dan pengunjung hanya bisa berswafoto di depannya.

Sejumlah tempat wisata lainnya di Kabupaten Siak yang ada akses masuk hingga saat ini juga masih tutup. Seperti Tangsi Belanda di Benteng, Kecamatan Mempura.

Bahkan juga wisata alam persawahan di Kecamatan Bungaraya yakni Agrowisata Sakabura. Meskipun bisa memandangi sawah dari sisi-sisi jalan tapi untuk masuk ke rumah Sakabura yang berupa rumah tangga masih dikunci.

Begitu juga wisata hutan mangrove di Kayu Ara Permai, Kecamatan Sungai Apit, di mana jalan menyusuri hutan mangrovenya masih ditutup. Meski begitu tempat dengan akses terbuka seperti Ruang Terbuka Hijau Taman Syarifah Sembilan yang baru diresmikan tetap ramai dikunjungi.

Pemerintah setempat tetap mengingatkan warganya untuk tetap menerapkan protokol kesehatan dalam rangka menghindari COVID-19. Demikian dilansir dari Antara.

 

Editor : Widita Fembrian