• News

  • Olahraga

Jelang Kongres PSSI, La Nyalla Kritik Pertemuan Menpora dan Iwan Bule

Ketua DPD RI La Nyalla Mahmud Mattalitti
Kabarnusantara
Ketua DPD RI La Nyalla Mahmud Mattalitti

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Ketua DPD, La Nyalla Mahmud Mattalitti menilai, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali tidak menjaga netralitasnya jelang Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI.

Kritik itu dilontarkan La Nyalla terkait pertemuan Zainudin Amali dengan salah satu calon Ketua Umum PSSI, Komjen Pol M Iriawan (Iwan Bule) pada Selasa (29/10/2019).

Zainudin dan Iwan Bule bertemu dalam diskusi tentang optimalisasi Instruksi Presiden (Inpres) No 3 Tahun 2019 tentang Percepatan Pembangunan Persepakbolaan Nasional.

Diketahui, Kongres PSSI rencananya digelar pada Sabtu (2/11/2019) besok di Jakarta dengan agenda pemilihan ketua umum dan anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI periode 2019-2023.

"Menpora yang baru, seharusnya menjaga netralitas menjelang Kongres PSSI," ujar La Nyalla kepada wartawan, Kamis (31/10/2019).

La Nyalla mengatakan, jika Menpora ingin netral maka seharusnya semua calon ketua umum dan Exco PSSI diundang untuk berdialog.

"Seharuanya, jika ingin netral, pak menteri mengundang dan dialok dengan semua calon ketua umum dan Exco. Karena di mata hukum semua calon memiliki hak yang  sama. Pemerintah dalam hal ini Menpora harus netral," tegasnya.

Sebelumnya, La Nyalla sebagai salah satu calon Ketua Umum PSSI, juga mempermasalahkan mundurnya jadwal Kongres. Ia menilai, Kongres yang akan dilaksanakan besok memiliki sejumlah permasalahan.

Mantan Ketua Umum PSSI itu menganggap Kongres 25 Januari 2020 yang awalnya ditetapkan AFC dan FIFA sudah ideal.

Sementara itu, Menpora Zainudin Amali telah menegaskan bahwa pemerintah tidak ingin intervensi ke dalam tubuh PSSI. Terkait carut marut Kongres PSSI, Menpora berpegangan pada FIFA.

Reporter : Adiel Manafe
Editor : Nazaruli