• News

  • Peristiwa

Bawaslu Belum Bisa Tindaklanjuti Kasus La Nyalla, Ini Alasannya

Anggota Bawaslu Mochammad Afifuddin
Rilis
Anggota Bawaslu Mochammad Afifuddin

JAKARTA, NNC - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) menyatakan hingga saat ini pihaknya belum dapat menindaklanjuti kasus La Nyalla Mattalitti terkait mahar politik yang dilakukan oleh petinggi Partai Gerindra.

"Tidak bisa ditindaklanjuti karena tidak ada laporan dan klarifikasi," kata anggota Bawaslu Mochammad Afifuddin, Kamis (18/1/2018).

Lebih lanjut dikatakan Saifuddin, Bawaslu akan berkonsultasi terlebih dahulu dengan kepolisian dan kejaksaan yang tergabung dalam Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) terkait kasus ini.

Untuk diketahui, La Nyalla telah dua kali mangkir dari panggilan Bawaslu Provinsi Jawa Timur, yaitu pada Senin, (15/1/ 2018), dan Rabu, (17/1/ 2018).

Pemanggilan itu dilakukan karena Bawaslu ingin mengklarifikasi soal pernyataannya terkait adanya permintaan uang Rp 40 miliar dari Ketua Partai Gerindra Prabowo Subianto.

Koordinator Divisi Pencegahan dan Hubungan Antarlembaga Bawaslu Jawa Timur Aang Kunaifi menegaskan, dalam menangani permasalahan La Nyalla ini, Bawaslu tidak akan gegabah. Pihaknya, lanjut Abang, memerlukan laporan langsung dari La Nyalla dan bukti- bukti yang cukup.

Selain itu, kata Aang, Bawaslu juga perlu bersinergi dengan Kepolisian RI dan Kejaksaan ketika dugaan pelanggaran itu memenuhi unsur pidana.

Reporter : Wahyu Praditya Purnomo
Editor : Nazaruli