• News

  • Peristiwa

Belum Ada Tindaklanjut Soal Mahar Politik, Ini Alasan Bawaslu

 Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Abhan
Dokumen NNC/Anhar Rizky Affandi
Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Abhan

JAKARTA, NNC - Ketua Badan Pengawas Pemilu ( Bawaslu), Abhan menyatakan, pihaknya belum menindaklanjuti dugaan mahar politik yang diungkapkan Ketua Umum Kadin Jawa Timur La Nyalla Mattalitti.

Pasalnya, jelas Abhan, pihaknya tidak bisa melakukan penyidikan tentang dugaan mahar politik, mengingat tidak adanya laporan maupun bukti yang memperkuat. Terlebih, hingga kini La Nyalla tak pernah memenuhi panggilan Bawaslu terkait kasus ini.

"Sampai hari ini memang sudah diundang tiga kali (La Nyalla) tapi belum pernah hadir. Pernyataannya itu jadi informasi awal saja dan belum bisa kami tindak lanjuti ke proses penyidikan," kata Abhan di Jakarta, Jumat (26/1/2018).

Dia mengatakan bahwa Bawaslu sudah memiliki itikad baik untuk mengungkap dugaan politik uang dengan memanggil La Nyalla untuk mendapatkan keterangan lebih lanjut, namun upaya tersebut tidak mendapatkan respons dari La Nyalla.

"Kalau ada yang melaporkan bagus tapi karena tidak ada, kita tunggu dulu," kata Abhan.

Bawaslu memang memiliki kewenangan untuk melakukan investigasi secara mandiri tanpa menunggu laporan terlebih dulu. Namun, hal itu tetap harus didasarkan bukti dan informasi yang jelas.

Reporter : Wahyu Praditya Purnomo
Editor : Nazaruli