• News

  • Peristiwa

Sindir Sandi, Denny Siregar Berbagi Tips dan Trik Genjot Becak

Penggiat media sosial Denny Siregar.
pepnews
Penggiat media sosial Denny Siregar.

JAKARTA, NNC - Seiring rencana Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan-Sandiaga Uno untuk melegalkan becak beroperasi di jalan-jalan perkampungan ibukota, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berencana memberikan pelatihan kepada para penarik becak.

Menurut Sandiaga, pelatihan diberikan guna memaksimalkan pelayanan kepada penumpang.  "Ya mungkin salah satunya adalah standar pelayanan, olahraga, gimana cara genjot yang bagus,” kata Sandiaga di Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat, (26/1/2018).

Menariknya, rencana Sandi untuk melatih penarik becak tentang bagaimana caranya menggenjot moda transportasi roda tiga itu, justru menjadi bahan perundungan di media sosial.

Seperti misalnya yang disampaikan penggiat media sosial Denny Siregar. Ia berbagi tips dan trik menggenjot becak, sebagai bentuk sindiran atas rencana Sandi.

Berikut tulisan satire Denny soal genjot becak, dikutip NNC dari akun Facebooknya, Minggu (28/1/2018).

TIPS & TRIK GENJOT BECAK YANG BAGUS

Sesudah ada instruksi dari pak Wagaberner supaya ada pelatihan cara menggenjot becak yang bagus untuk para tukang becak, maka tim pelatihan sudah mengeluarkan TIPS & TRIK genjot becak..

1. Gaya Dada.
Gaya dada adalah gaya menggenjot yang efektif ketika jalan turun. Abang becak cukup tidur tengkurap dengan dada menekan sadel. Lalu genjot becak dengan kedua tangan, sedangkan kedua kaki tegangkan. Hati2 “yang lain” jangan ikut tegang juga, entar kena jeruji ban. Kan sakit..

2. Gaya Punggung
Ini kebalikan dari gaya dada. Kali ini telentang dengan punggung yang menekan sadel. Tangan tetap memegang setang, sedangkan kaki menggenjot di udara seperti sedang menggenjot sepeda. Kalau becak gak maju2 juga, dorong dulu sampe dapet jalan menurun.

4. Koi Mil Gaya
Maaf, kalau ini judul film India..

3. Gaya Kupu-kupu
Ini gaya yang sulit. Ketika becak sedang melaju kencang, lepaskan tangan dari setang. Dan bergaya seperti sedang di kapal Titanic sambil tangan dikibas2kan. Nyanyikan lagu “My heart will go on” dengan irama keroncong supaya penumpang senang.

5. Gaya Susah
Gaya susah biasanya hadir ketika teman datang dan kelihatan dia pengen pinjem duit

6. Gaya Bebas
Bebas aja lu mau gaya apa kek, emang gua pikirin...

7. Gaya Bangau
Ini adalah gaya yang bisa menghemat tenaga menggenjot sampai 50 persen. Penumpang suruh lari di samping becak, supaya dia sehat. Iringi dia sambil ceritakan kisah HC Andersen, “Bangau dan Kura-kura”. Sehat penumpangnya, senang tukang becaknya...

Itulah beberapa tips & trik menggenjot becak. Semoga bisa dijadikan pegangan. Tukang becak aja bisa pegangan, masa kamu nggak ? Maaf ini bukan maksud menyindir yang jomblo..

Seruput..

Reporter : Adiel Manafe
Editor : Wulandari Saptono