• News

  • Peristiwa

Rusak Diterjang Banjir, Kemenhub-KAI Normalisasi Jalur Kereta di Cirebon

Gedung Kemenhub
Setkab
Gedung Kemenhub

CIREBON, NNC - Pasca banjir yang menerjang Kabupaten Cirebon dan merendam sejumlah jalur kereta api, Kementerian Perhubungan ( Kemenhub) bersama PT Kereta Api Indonesia ( KAI) berupaya untuk menormalisasi jalur utama lintas utara dan selatan yang rusak akibat luapan Sungai Cisanggarung, Cirebon sejak Jumat (23/2/2018).

Direktur Jenderal Perkeretaapian Kemhub Zulfikri mengatakan, jalur selatan melalui Ciledug (Cirebon) sudah bisa beroperasi satu jalur dengan kecepatan terbatas sejak Jumat malam.

"Sekarang sedang memperbaiki jalur lainnya yang sebagian besar menggantung sepanjang 700 meter (m). Insyaallah nanti sore sudah bisa dioperasikan kedua jalurnya," terang Zukfikri dalam keterangan tertulis, Sabtu (24/2/2018).

Zulfikri menambahkan, untuk jalur utara melalui Losari hingga jam 09.00 WIB Sabtu masih terendam sepanjang 400 m dengan titik terdalam 20 cm dari kepala rel. Namun kerusakan jalur tidak separah di Ciledug.

"Saat ini sudah dikerahkan tenaga dan peralatan untuk perbaikannya. Diperkirakan sore nanti juga sudah bisa dioperasikan," imbuhnya.

Dia menuturkan, rekayasa jalur sudah dilakukan PT KAI sejak tadi malam di mana sebagian perjalanan ke Jawa Tengah dan Jawa Timur diarahkan melalui Bandung - Kroya (Cilacap).

 

Reporter : PD Djuarno
Editor : Firman Qusnulyakin