• News

  • Peristiwa

Polisi Akan Periksa Pelapor Rocky Gerung

Polisi akan periksa pelapor Rocky Gerung.
Inilah
Polisi akan periksa pelapor Rocky Gerung.

JAKARTA, NNC - Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Metro Jaya memanggil Ketua Cyber Indonesia, Permadi Arya untuk dimintai keterangan sebagai pelapor pengamat politik Rocky Gerung atas dugaan ujaran kebencian soal penyataan Kitab Suci Fiksi.

"Pelapornya yang akan dimintai keterangan," kata Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Adi Deriyan di Mapolda Metro Jaya, Kamis (19/4/2018).

Sementara, Sekretaris Jenderal Cyber Indonesia, Jack Boyd Lapian membenarkan bahwa Permadi Arya akan diperiksa hari ini. "Iya, nanti yang datang pelapornya, pak Permadi Arya," ujar Jack saat dikonfirmasi secara terpisah.

Sebelumnya diberitakan, Cyber Indonesia melaporkan dosen UI, Rocky Gerung dengan tuduhan melakukan perbuatan ujaran kebencian. Pernyataan ujaran kebencian tersebut diucapkannya dalam salah satu program media televisi swasta nasional.

"Kita laporkan Rocky G yang menyatakan kitab suci itu fiksi. Kita bernegara, kita merdeka dan punya beberapa agama yang diakui negara, ada di sila pertama, artinya apakah sila pertama itu juga menjadi fiksi dalam tanda kutip," ujar Sekjen Cyber Indonesia, Jack Boyd Lapian di Mapolda Metro Jaya, Rabu (11/4/2018).

Menurutnya, pernyataan Rocky itu telah menyinggung semua umat beragama karena kitab suci itu mengacu pada Al Quran, Injil, dan kita suci lainnya dari agama yang diakui di negara ini.

Metro Jaya dengan nomor LP/2001/IV/2018/PMJ/Dit.Reskrimsus tertanggal Rabu (11/4/2018) dengan sangkaan pasal 28 ayat 2 jo pasal 45 a ayat 2 UU RI tahun 2016 tentang ITE.

Reporter : Toar Sandy Purukan
Editor : Sulha Handayani