• News

  • Peristiwa

Gerakan #2019GantiPresiden Belum Tentu Dukung Prabowo

Penggagas Gerakan #2019GantiPresiden, Mardani Ali Sera
Dokumen NNC/Adiel Manafe
Penggagas Gerakan #2019GantiPresiden, Mardani Ali Sera

JAKARTA, NNC - Penggagas Gerakan #2019GantiPresiden, Mardani Ali Sera mengungkapkan kriteria calon presiden yang akan didukung oleh oleh kelompok #2019GantiPresiden.

"(Kriteria calon yang akan didukung?) Paling memperjuangkan Pancasila di negeri ini. Pancasila di negeri ini hanya lip service," ujar Mardani usai Deklarasi Akbar Relawan Nasional #2019GantiPresiden di Silang Monas Barat Daya, Jakarta Pusat, Minggu (6/5/2018).

Saat ditanya apakah Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto memenuhi kriteria yang diinginkan pihaknya, Mardani menyebut, tak hanya Prabowo, kerana siapapun calon yang mampu membuktikan diri sebagai pejuang Pancasila, maka peluang didukung #2019GantiPresiden terbuka lebar.

Bahkan, disebut Mardani, nama mantan Panglima TNI Jenderal Purnawirawan Gatot Nurmantyo hingga Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai calon petahana, juga berpeluang didukung kelompok #2019GantiPresiden.

"Prabowo, Gatot, dan lain-lain, termasuk Pak Jokowi bisa buktikkan akan memperjuangkan Pancasila. Kalu terwujud, akan kita dukung," tegas Ketua DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu.

Karenanya, lanjut Mardani, saat ini pihaknya masih memantau bagaimana para calon tersebut dan melihat dinamika politik yang berkembang di masyarakat. Barulah pada Agustus 2018 mendatang mereka akan menentukan sikap.

"Kita akan tentukan sikap 4 -10 Agustus 2018. Itu semua diserahkan kepada proses politik. Fokus gerakan pressure grup menjadi pendidikan politik agar negeri ini tahu bahwa teriak, bicara, dan usaha ganti presiden, legal, sah secara konstitusional, selama dilaksanakan dalam pilpres 17 Aprilpril 2019," ungkapnya.

"(Sekarang belum ada nama capres) Itu malah baik. Pak Jokowi dan tim bisa bekerja keras. Kalau nanti Pak Jokowi berubah, kami akan mempertimbangkan. Tapi sampai sekarang kami yakin 2019 ganti presiden," jelas Mardani.

Reporter : Adiel Manafe
Editor : Nazaruli