• News

  • Peristiwa

Survei Hastag 2019GantiPresiden, Mardani: Secara Rata-rata 40 Persen Mendukung

Ketua DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Mardani Ali Sera
Istimewa
Ketua DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Mardani Ali Sera

JAKARTA, NNC - Ketua DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Mardani Ali Sera mengaku bingung, lantaran hasil survei soal gerakan #2019GantiPresiden antara satu lembaga dan lembaga survei lainnya, sangat berbeda jauh.

Ada tiga lembaga survei yang  dicontohkan Mardani memiliki hasil yang berbeda jauh, yakni Indo Barometer, Roda Tiga Konsultan, dan
Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA.

Meski mengaku bingung, namun di sisi lain penggagas gerakan #2019GantiPresiden ini mengaku bersyukur, lantaran hasil rata-rata dari tiga lembaga survei itu menunjukkan, lebih dari 40 persen responden mendukung #2019GantiPresiden.

Hal itu disampaikan Mardani lewat akun Twitternya. Berikut cuitan Mardani soal survei gerakan #2019GantiPresiden, dikutip NNC, Minggu (27/5/2018).

Bismillah. Kehadiran lembaga survei membuat kontestasi demokrasi di negara kita semakin marak. Kini masyarakat sudah bisa semakin bijak menanggapi laporan yang dikeluarkan lembaga2 tsb. meski sebelumnya agak bingung. #SurveiDGP (DuaribusembilanblasGantiPresiden).

Agak bingung karena dari sekian banyak lembaga survei, hasilnya bisa berbeda jauh satu sama lain. Dan masing2 mengklaim survei mereka yang paling mendekati kenyataan. #SurveiDGP.

Lalu setelah pemilihan dilangsungkan, ada banyak survei yang hasilnya tak sesuai. Masyarakat tentu masih ingat pada pilgub DKI lalu. Beberapa lembaga survei salah data & tak sesuai dgn hasil, itu lembaga2 survei terkenal loh #SurveiDGP.

Terkait gerakan #2019GantiPresiden ternyata sudah ada 3 lembaga survei yang mengamati dan melakukan survei yaitu: Indo Barometer, LSI Denny dan Roda Tiga. Menariknya, ketiga hasil survei itu ada perbedaan. #SurveiDGP.

"Rilis survei yang TIDAK SETUJU #2019GantiPresiden:
- Indo Barometer :  61,1%.
- Roda Tiga    :   36,8%
- LSI Denny     :     26,9%.

Alhamdulillah. Secara Rata2 SETUJU lebih dari 40%an mendukung. Meski kita tahu, dalam survei terselip penggiringan opini. #SurveiDGP.

Padahal sejatinya utk sebuah gerakan yg baru 1 BULAN biasanya pendukung kisaran hanya 3-5%. Namun Alhamdulillah sudah ada dukungan awal 40% dari survei masyarakat. Ini "modal" luar biasa sebuah gerakan yg baru lahir. #SurveiDGP.

Reporter : Adiel Manafe
Editor : Wulandari Saptono