• News

  • Peristiwa

Alasan Solusi UI Deklarasi Mardani Jadi Cawapres: Jujur, Bersih, Berani, dan Berkualitas

Sekjen Solusi UI Eman Nasim.
Sekjen Solusi UI Eman Nasim.

JAKARTA, NNC - Solidaritas Muslim Alumni Universitas Indonesia (Solusi UI) telah mendeklarasikan Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera sebagai calon wakil presiden (cawapres) di Pilpres 2019, pada Senin (16/7/2018) pekan lalu.

Menurut Sekjen Solusi UI Eman Nasim, deklarasi Cawapres Mardani dilakukan setelah pihaknya menginventarisasi para alumni UI yang berpotensi menjadi pemimpin bangsa. Dari sekian nama yang di data, Mardani dianggap paling layak jadi cawapres.

Pertama, kami dari Solusi UI telah menginventarisasi siapa saja alumni-alumni UI yang potensial menjadi pemimpin bangsa, baik yang sekarang jadi anggota DPR, maupun yang duduk di pemerintahan, ataupun mantan pejabat pemerintahan," kata Eman di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (21/7/2018).

"Ada sekian nama (yang diinventarisasi), ada Fadli Zon, ada Chairul Tanjung, ada Puan Maharani, ada Mardani Ali Sera, dan sebagainya. Dari kubu non-PDIP kita munculkan nama Pak Mardani," sambungnya.

Eman kemudian membeberkan sejumlah alasan mengapa Mardani dideklarasikan menjadi cawapres. Pertama, karena kami satu almamater dari Universitas Indonesia. Yang kedua track record beliau," ujar Deklarator Cawapres Mardani Ali Sera itu.

Soal track record, dijelaskan Eman, penggagas gerakan #2019GantiPresiden itu sukses sebagai ketua tim pemenangan Anies Baswedan-Sandiaga Uno di Pilkada DKI 2017 lalu.

"Kami melihat Pak Mardani itu sukses dalam menjalankan amanah sebagai Ketua Tim Pemenangan Anies-Sandi, sehingga terpilih menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta," paparnya.

Mardani juga dinilai oleh Solusi UI sebagai politisi dan juga anggota DPR yang bersih, jujur, serta berkualitas karena memiliki latar belakang pendidikan yang baik, sehingga sangat layak menjadi pemimpin bangsa.

"Ketiga, beliau sebagai anggota DPR sebagai politisi, baik sekarang maupun masa lalu, dia bersih, tidak ada kasus-kasus hukum, jadi dia relatif bersih sehingga kita bisa kategorikan dia orang baik, orang jujur yang pantas menjadi pemimpin bangsa," ucap Eman.

"Dia juga berkualitas, karena dari segi pendidikan dia juga alumni UI Fakultas Teknik, kemudian juga sampai jenjang paling tinggi, Doktor," pungkasnya.

Tak hanya itu, Eman menyebut, Mardani adalah sosok yang berani, terutama dalam menyuarakan #2019GantiPresiden, yang kini telah  menjadi gerakan nasional.

"Dia juga orang yang berani, berani yang pertama kali mendeklarasikan gerakan #2019GantiPresiden. Dan sampai sekarang akhirnya itu menjadi gelombang nasional, sampai saya pikir juga penguasa sekarang takut dengan gerakan-gerakan beliau," jelas Eman.

"Itu alasannya, jadi berkualitas, jujur, bersih, berani, tidak tersangkut masalah hukum, dan dia sukses membawa Anies-Sandi menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur DKI," tandasnya.

Reporter : Adiel Manafe
Editor : Sulha Handayani