• News

  • Peristiwa

Ini Prioritas Penanganan Gempa dan Tsunami Sulteng

Prioritas penanganan gempa dan Tsunami Sulteng adalah air bersih dan aksesibilitas.
BNPB
Prioritas penanganan gempa dan Tsunami Sulteng adalah air bersih dan aksesibilitas.

JAKARTA, NNC - Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana Sutopo Purwo Nugrohomengatakan, ada enam prioritas penaganan gempa dan tsunami Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah (Sulteng).

Prioritas pertama adalah melanjutkan evakuasi, pencarian dan penyelamatan korban sehingga alat berat amat diperlukan untuk evakuasi. Saat ini sudah ada beberapa alat berat untuk evakuasi Kota Palu, selain itu alat berat juga akan didatangkan dari Mamuju, Gorontalo, Poso dan Balikpapan.

"Dilakukan juga percepatan pemulihan jaringan listrik. Sebanyak 216 personil PLN masih memperbaiki Gardu Induk dan jaringan listrik," kata Sutopo saat konferensi pers di Kantor BNPB, Senin (1/10/2018).

Ada sebanyak delapan genset PLN juga yang telah diterbangkan dengan pesawar Hercules TNI AU pagi tadi. Delapan genset kemudian disebar di Poso, Palu dan Donggala.

Dilakukan juga percepatan pengadaan BBM terutama untuk genset rumah sakit dan operator seluler. Pasokan BBM dilakukan dari Terminal BBM Poso, Moutong, Toli-Toli dan Pare-Pare. Sebanyak 10 mobil tanki BBM dari Pare-Pare telah tiba di Kota Palu pagi ini dan satu mobil tanki avtur diarahkan ke Bandara Palu.

"Pertamina terbangkan 4000 liter solar dengan pesawat Distribusi logistik dan permakanan untuk pengungsi. Bantuan logistik mulai berdatangan yang diakut dengan pesawat Hercules TNI AU dan jalur darat," jelas Sutopo.

Logistik yang di Gudang Bandara Palu mulai didistribusikan ke pengungsi. Bantuan via darat dikawal oleh Polri dari Pasang Kayu, serta dilakukan juga percepatan jaringan komunikasi.

Prioritas lainnya yakni pemakaman jenazah yang saat ini ada di RS. Jenasah yang dimakamkan sudah diidentifikasi cepat dengan difoto wajah dan ciri-ciri tubuh korban.

"Rencana lokasi pemakaman massal disiapkan di TPU Paboya Kota Palu. Sudah disiapkan 1.000 kantong mayat, penggalian sudah dilakukan dan prosesi pemakaman sesuai dengan yang lazim dilakukan," kata Sutopo.

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Sulha Handayani