• News

  • Peristiwa

Laporkan Ratna Sarumpaet, Muannas Alaidid Akan Diperiksa Polisi 

Ketua Umum Cyber Indonesia, Muannas Alaidid
Istimewa
Ketua Umum Cyber Indonesia, Muannas Alaidid

JAKARTA, NNC - Ketua Umum Cyber Indonesia, Muannas Alaidid yang telah melaporkan aktivis Ratna Sarumpaet dan sejumlah tokoh yang diduga menyebarkan berita hoax akan diperiksa di Polda Metro Jaya, hari ini, Senin (8/10/2018).

Muannas mengaku siap hadir untuk memenuhi panggilan penyidik untuk diperiksa terkait laporannya tersebut.

"Iya nanti saya akan datang ke Polda ya, sebagai saksi pelapor, nanti pukul 13.00 WIB," kata Muannas saat dihubungi, Senin (8/10/2018).

Dalam panggilan itu, ia mengaku, akan membawa buktikan pelengkap. Salah satunya adalah video konferensi pers Prabowo Subianto di kediamannya, Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan, Rabu (3/10/2018).

"Ada screenshot pemberitaan di media online. Kemudian statment mereka di dunia online, media sosial. Jadi itu capturenya yang kami bawa sebagai bukti. Kayak Twitter dan lain-lain. Lalu capture yang mereka tulis melalui media online," tutur Muannas.

Menurutnya, penyebaran berita hoax itu, telah mengakibatkan kegaduhan di tengah masyarakat. Karena itu, ia menduga ucapan Prabowo sebagai calon presiden nomor urut dua itu telah melanggar pidana.

"Iya dong. Kan itu bagian dari kegaduhan. Jadi kami melihat satu paket. kalau Ratna Sarumpaet dijadikan tersangka doang, itu nggak fair. Karena harus sepaket dengan yang memberitakan di media sosial online, kan ada 12 orang," tegasnya. 

Sebelumnya diberitakan, Cyber Indonesia telah resmi melaporkan aktivis Ratna Sarumpaet dan sejumlah tokoh yang ikut menyebarkan berita bohong atau hoax ke Polda Metro Jaya. Laporan cyber telah diterima dengan nomor laporan LP/5315/X/2018/PMJ/Dit. Reskrimsus ter tanggal Rabu (3/10/2018).

Reporter : Toar Sandy Purukan
Editor : Nazaruli