• News

  • Peristiwa

Ini Barang Bukti Yang Muannas Bawa Saat Penuhi Panggilan Polisi Terkait Kasus Ratna

Ketua Umum Cyber Indonesia, Muannas Alaidid
NNC/Toar Sandy P
Ketua Umum Cyber Indonesia, Muannas Alaidid

JAKARTA, NNC - Ketua Umum Cyber Indonesia, Muannas Alaidid yang akan diperiksa di Polda Metro Jaya karena telah melaporkan aktivis Ratna Sarumpaet serta sejumlah tokoh terkait berita hoaks, telah memenuhi panggilan hari ini, Senin (8/10/2018). Muannas sendiri tiba pukul 13.00 WIB di Polda Metro Jaya.

Muannas, mengaku dalam pemeriksaan telah membawa bukti pelengkap, seperti video konferensi pers Prabowo di kediamannya.

"Kemudian ada screenshot pemberitaan di media online. Kemudian statment mereka di dunia online, media sosial. Jadi itu capturenya yang kami bawa sebagai bukti. Kayak Twitter dan lain-lain, lalu capture yang mereka tulis melalui media online. Karena ini bagian dari kegaduhan itu," ujar Muannas di Mapolda Metro Jaya, Senin (8/10/2018).

Kemudian ada video juga yang beredar terkait Wakil Ketua DPR, Fahri Hamzah juga pernah melakukan kegiatan pengumpulan massa dalam rangka protes terkait adanya dugaan penganiayaan. Ada lagi video anaknya Amien Rais, Hanum Rais dengan Ratna. "Nah itu bagian dari bukti-bukti yang akan kita lengkapi hari ini dalam pemeriksaan pelapor," kata Muannas.

Ia menyampaikan, selain Ratna Sarumpaet ada 11 orang lainnya yang dilaporkan. "Ada pak Fadli Zon, ada Fahri Hamzah, ada Dahnil Simanjuntak, kemudian ada Hanum Rais, kemudian Ferdinand Hutahean dan tokoh lain, ada sekitar 12 orang," terang Muannas.

Tokoh-tokoh publik yang dilaporkan itu diduga telah melanggar UU No 1 tahun 1946 Pasal 14 dan 15 yang melarang kaitan penyebaran berita bohong, kemudian ada UU ITE pasal 28 ayat 2, kaitan masalah ujaran kebencian.

Reporter : Toar Sandy Purukan
Editor : Wulandari Saptono