• News

  • Peristiwa

Tidak Hanya Ratna, Ada 11 Orang Lagi yang Dilaporkan Muannas terkait Hoaks

Ketua Umum Cyber Indonesia, Muannas Alaidid
NNC/Toar Sandy P
Ketua Umum Cyber Indonesia, Muannas Alaidid

JAKARTA, NNC - Ketua Umum Cyber Indonesia, Muannas Alaidid tidak hanya melaporkan aktivis Ratna Sarumpaet ke Polda Metro Jaya, namun ada juga 11 tokoh lainnya yang dilaporkan atas dugaan penyebaran berita hoaks.

"Yang kita laporkan selain RS (Ratna Sarumpaet) ada 11 orang lain karena total ada 12, ada pak Fadli Zon, ada Fahri Hamzah, ada Dahnil Simanjuntak, kemudian ada Hanum Rais, kemudian Ferdinand Hutahean dan tokoh lain. Ada sekitar 12 orang," kata Muannas di Polda Metro Jaya, Jakarta, Senin (8/10/2018).

Muannas mengungkapkan ada dua tindakan pidana yang dilaporkan, pertama mengenai penyebaran berita bohong, kedua mengenai masalah ujaran kebencian.

"Jadi dugaan tindak pidana kita laporkan ada dua, satu adalah UU No 1 tahun 1946 , pasal 14-15 yang melarang konten penyebaran berita bohong kemudian ada UU ITE pasal 28 ayat 2. Kaitan masalah ujaran kebencian," tutupnya.

Sebelumnya diberitakan, Cyber Indonesia telah resmi melaporkan aktivis Ratna Sarumpaet atas kasus berita bohong atau hoax ke Polda Metro Jaya. Laporan Cyber Indonesia diterima dengan nomor laporan LP/5315/X/2018/PMJ/Dit. Reskrimsus ter tanggal Rabu (3/10/2018).

Penulis : Skolastika Efilly Sarfio
Editor : Wulandari Saptono