• News

  • Peristiwa

Menhub Minta Rampcheck Pesawat Dilakukan Lebih Intensif

Menteri Perhubungan lihat langsung proses rampcheck yang dilakukan oleh Ditjen Perhubungan Udara terhadap pesawat Boeing 737 MAX 8.
Kemenhub
Menteri Perhubungan lihat langsung proses rampcheck yang dilakukan oleh Ditjen Perhubungan Udara terhadap pesawat Boeing 737 MAX 8.

TANGERANG, NNC - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi melakukan tinjauan ke Bandara Soekarno Hatta untuk melihat langsung proses rampcheck yang dilakukan oleh Ditjen Perhubungan Udara terhadap pesawat Boeing 737 MAX 8 yang dimiliki maskapai Lion Air. Pengecekan dilakukan di Terminal 1 Bandara Internasional Soekarno Hatta pada Minggu (4/11/2018).

Dalam kesempatan ini, Menhub menyampaikan akan lebih meningkatkan intensifitas pelaksanaan rampcheck pada pesawat di seluruh maskapai penerbangan.

Sesuai dengan instruksi Presiden, Kementerian Perhubungan melakukan rampcheck kepada 11 pesawat Boeing 737 MAX 8 dan juga pesawat-pesawat pada seluruh maskapai penerbangan.

"Rampcheck untuk yang Boeing 737 MAX 8 sudah kita lakukan, setelah itu kita akan intensif lakukan kepada yang lain. Rampcheck itu reguler dilakukan, tapi yang sekarang ini kita memang lakukan lebih intensif. Jadi contohnya seperti ini, kalau dulu misalnya sebulan sekali yang akan datang jadi 3 minggu sekali," tutur Menhub dikutip dari laman resmi Kemenhub.

Selain melakukan special inspection terhadap 11 pesawat Boeing 737 MAX 8, Menteri Perhubungan juga menginstruksikan kepada PLT Direktur Jenderal Perhubungan Udara untuk melakukan special audit kepada maskapai Lion Air berkaitan dengan Standard Operational Procedure (SOP), kualifikasi awak pesawat dan koordinasi dengan stakeholder terkait.

"Sejak beberapa hari yang lalu sudah dilakukan special audit. Berkaitan dengan SOP, kualifikasi daripada awak pesawat, dan koordinasi dengan pihak-pihak stakeholder yang lain. Dalam waktu dekat ini akan kita dapatkan laporannya," ujar Menhub Budi.

Editor : Irawan.H.P