• News

  • Peristiwa

Mgr Suharyo Jadi Kardinal, Buya Syafii: Kepercayaan Luar Biasa untuk Indonesia

Ulama Ahmad Syafii Maarif.
WAG
Ulama Ahmad Syafii Maarif.

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Ulama Ahmad Syafii Maarif atau akrab disapa Buya Safii menyampaikan ucapan selamat kepada Mgr Ignatius Suharyo yang dipercayakan Paus Fransiskus menjadi Kardinal pada, Minggu (1/9/2019) kemarin.

Buya Syafii yang pernah dipercayakan sebagai Ketua Umum Pengurus Pusat Muhammadiyah ini menilai, penunjukkan Mgr Suharyo menjadi Kardinal merupakan kepercayaan yang luar bisa dari Paus bagi Indonesia.

"Saya mengucapkan selamat kepada Suharyo, sahabat saya yang cukup lama dan selamat menjalankan tugas sebagai Kardinal baru. Kepercayaan yang luar biasa dari Paus untuk orang Indonesia," kata Buya Syafii, dikutip dari cuplikan video yang diunggah media sosial Keuskupan Agung Jakarta, Minggu (1/9/2019).

Lebih lanjut Buya Safii mengaku percaya bahwa Mgr Suharyo bisa melaksanakan tugas sebaik-baiknya. Keyakinan ini berdasarkan jaringan luas yang dimiliki Mgr Suharyo dan pengalaman di KAJ.

"Modal bagi dia untuk menjalankan tugas sebagai tokoh Katolik untuk Indonesia dan saya rasa juga namanya sudah dikenal diberbagai negara," kata Buya Syafii.

Pernyataan ini disampaikan pasalnya Paus Fransiskus mengumumkan 13 Kardinal baru di Vatikan. Salah satu Kardinal yang diumumkan oleh Paus Fransiskus ialah Mgr Ignatius Suharyo, yang merupakan Uskup KAJ dan Ketua Konferensi Waligereja Indonesia (KWI).

Pelantikan menjadi Kardinal sendiri akan diselenggarakan dalam Consistorium atau Sidang Para Kardinal pada 5 Oktober 2019 di Vatikan.

"Sekali lagi selamat Pak Haryo," kata Buya Syafii.

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Sulha Handayani