• News

  • Peristiwa

Aklamasi, Komisi III Putuskan Idham Azis Jadi Kapolri Gantikan Tito Karnavian

Komisi III putuskan Idham Azis jadi Kapolri Gantikan Tito Karnavian.
Netralnews/Adiel
Komisi III putuskan Idham Azis jadi Kapolri Gantikan Tito Karnavian.

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Calon Kapolri, Komjen Idham Azis telah mengikuti uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) di Komisi III DPR pada Rabu (30/10/2019) sore di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta.

Sebelumnya, jajaran Komisi III DPR melakukan wawancara pribadi terhadap Idham Azis di rumah pribadinya, kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, pagi tadi. Hal ini merupakan rangkaian fit and proper test terhadap calon Kapolri.

"Seperti yang rekan-rekan telah ketahui bersama baru saja selesai proses pelaksanaan fit and proper test yang dilakukan sejak tadi pagi di kediaman saya dan dilanjutkan siang ini di ruang Komisi III," kata Idham usai menjalani fit and proper test.

Dalam uji kelayakan dan kepatutan itu, secara aklamasi, Komisi III DPR memutuskan Komjen Idham menjadi Kapolri menggantikan Tito Karnavian yang ditunjuk Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi Menteri Dalam Negeri (Mendagri).

"Alhamdulillah wa syukurillah, hasil yang tadi telah diputuskan secara aklamasi menetapkan saya untuk melanjutkan kepemimpinan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia berikutnya," ujar Idham.

Atas putusan Komisi III DPR itu, Idham mengaku bersyukur dan menyampaikan ucapan terima kasih kepada Presiden Jokowi yang telah mempercayainya untuk menjadi Kapolri.

"Tentu saya mengucapkan rasa syukur saya kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala.  Kepada bapak Presiden Republik Indonesia Jokowi yang telah memberikan amanah dan kepercayaan kepada saya untuk melaksanakan tugas ini dan kepada seluruh masyarakat Indonesia," ucap dia.

Ucapan terima kasih juga disampaikan Idham kepada Komisi III DPR yang telah melakukan fit and proper test. Pun, kepada media yang disebutnya sebagai mitra strategis.

"Saya juga berterima kasih kepada teman-teman dari Komisi III, yang telah melaksanakan proses fit and proper test ini dengan penuh kekeluargaan namun tidak mengurangi rasa hikmat di dalam menggali materi-materi yang dipertanyakan kepada saya," ungkapnya.

"Kemudian yang terakhir terimakasih kepada teman-teman media. Marilah kita membangun kerjasama dan harmoni ke depan. Karena teman-teman bersama kami adalah bagian yang tidak bisa terpisahkan. Teman-teman adalah mitra strategis. Saya kira seperti itu.

Pada kesempatan itu, Idham juga meminta dukungan doa dari semua pihak dalam mengemban amanah sebagai Kapolri. "Saya juga mohon doa restu untuk bisa melaksanakan amanah ini dengan penuh rasa tanggungjawab," pungkasnya.

Setelah putusan tersebut, Komisi III akan segera mengirimkan surat kepada pimpinan DPR untuk mengagendakan rapat paripurna pengesahan Komjen Idham sebagai Kapolri terpilih. Adapun rapat paripurna rencananya digelar Kamis (31/10/2019).

Reporter : Adiel Manafe
Editor : Sulha Handayani