• News

  • Peristiwa

Ini Tips dari Mendes PDTT Tangkal Virus Corona Masuk Desa

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar
Kemendes PDTT
Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) Abdul Halim Iskandar yang akrab disapa Gus Menteri kembali menyarankan agar masyarakat desa dan Indonesia menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) menangkal Virus Corona.

"Jika pola hidup sehat diterapkan, Insya Allah bisa menangkal penyebaran COVID-19," kata Gus Menteri, Sabtu (22/3/2020).

Salah satu penerapan pola hidup sehat yaitu dengan banyak mengkonsumsi buah dan sayur-sayuran. Kedua jenis makanan sehat ini bakal meningkatkan imun tubuh kita untuk menangkal virus.

"Perbanyak konsumsi jahe, temulawak dan bahan empon-empon lainnya yang cukup jitu menangkal Virus Corona. Selain itu, istirahat yang cukup dan olahraga yang rutin," kata Gus Menteri.

Gus Menteri menuturkan sejumlah langkah untuk mencegah Virus Corona masuk ke desa. Pertama, tamu yang menginap 1x24 jam wajib dilaporkan ke kantor desa. Kedua, memeriksa kondisi kesehatan tamu yang akan tinggal dan menginap di desa.

Ketiga, memasang papan informasi sosialisasi pencegahan Virus Corona versi WHO di setiap tempat yang mudah di akses masyarakat.

"Mari kita putuskan rantai penularan Covid-19. Bersama Kita Bisa," pungkas Gus Menteri.

Disamping itu, Kemendes PDTT kata Gus Menteri, akan segera instruksikan Pemerintah Daerah dan Perangkat Desa untuk segera alokasikan dana desa optimalisasi pencegahan COVID-19.

Kemendes PDTT juga akan terus berkoordinasi dengan Kementerian dan Lembaga terutama dengan BNPB terkait perkembangan laporan pencegahan virus Corona.

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Sesmawati