• News

  • Peristiwa

DPD Pantau Langsung Kesiapan dan Kondisi Daerah Hadapi Wabah Corona

DPD pantau langsung kesiapan dan kondisi daerah hadapi wabah Corona.
Demokrasi
DPD pantau langsung kesiapan dan kondisi daerah hadapi wabah Corona.

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Ketua DPD La Nyalla Mattalitti meminta seluruh  senator untuk terus memantau kesiapan dan kondisi daerah dalam menghadapi potensi peningkatan jumlah kasus virus corona (Covid-19), termasuk memantau ketersediaan kebutuhan pangan dan alat pelindung diri (APD) bagi tenaga medis.

“Saya sudah sampaikan, baik saat rapat pimpinan maupun melalui media agar semua senator dari 34 provinsi di saat reses kemarin, dan sekarang dilanjutkan dengan penugasan mendesak untuk melakukan kunjungan di daerah pemilihan masing-masing. Saya minta semua untuk terlibat aktif memantau kesiapan daerah masing-masing dalam agenda penanggulangan wabah covid-19,” kata La Nyalla kepada wartawan, Jumat (16/4/2020).

La Nyalla juga mengimbau agar semua anggota DPD melihat secara langsung bagaimana daerah melakukan mitigasi bencana wabah corona. Ia yakin beberapa daerah masih mengalami hambatan dan keterbatasan dalam melakukan mitigasi bencana ini.

“Terutama kesiapan rumah sakit rujukan. Berapa ruang isolasi yang disiapkan, apa peralatan yang kurang. Intinya, semangat kita membantu daerah untuk lebih siap,” ujar senator asal Jawa Timur itu.

La Nyalla menambahkan, pemantauan semakin intensif, khususnya pada beberapa daerah yang telah atau tengah mengajukan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Diakuinya, ada beberapa masalah yang memang masih belum teratasi di beberapa daerah yang telah atau tengah mengajukan PSBB. Mulai dari kondisi rumah sakit secara umum, kesadaran warga, hingga potensi masalah ekonomi.

“Ada beberapa masalah memang, satu contoh yang paling konkret, rumah sakit yang bukan menjadi RS rujukan pasien covid-19, tidak memiliki alat test yang memadai. Padahal bisa saja ada pasien terpapar yang datang ke IGD RS tersebut. Maka dari itu, seluruh tenaga medis, baik di RS yang bukan menjadi rujukan pasien covid-19 harus dilengkapi APD sesuai protokol covid-19,” jelas La Nyalla.

Reporter : Adiel Manafe
Editor : Sulha Handayani