• News

  • Peristiwa

Ganti Masker Kain Anda Tiap 4 Jam, Jika Tidak.....

  Ganti masker kain Anda tiap 4 jam.
Wrkot
Ganti masker kain Anda tiap 4 jam.

JAKARTA, NETRALNEWS.C0M - Resmi dinyatakan oleh WHO bahwa covid-19 tidak lagi hanya ditularkan lewat droplet  atau titik kecil air berisi virus dari batuk atau bersin,  tetapi sekarang virus tersebut dari hasil penelitian bisa bertahan di udara,  melayang-layang sampai 8 jam sesudah keluar dari tubuh penderita saat bersin atau batuk,  tidak lagi butuh medium cairan utk bertahan.

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Virus Corona, Achmad Yurianto, meminta seluruh masyarakat untuk menggunakan masker.  Hal ini sesuai dengan rekomendasi World Health Organization (WHO) dalam mencegah penyebaran Covid-19.

Di ruangan tertutup, lancet Yuri, lebih lama lagi dia tahan dan lebih cepat mendarat di tubuh orang yang belum kena karena udara yang berputar di situ-situ saja.

"Mulai hari ini sesuai dengan rekomendasi dari WHO kita jalankan masker untuk semua. Semua harus menggunakan masker dan bagi masyarakat umum mengguanakn kain biasa dengan catatan setiap empat jam harus diganti. Penggunaan kain dipakai maskimal empat jam setelah itu dicuci bersih dan dapat digunakan kembali,” tandas Yuri, beberapa waktu lalu.

“Maka,  Bapak dan Ibu tolong kita ikuti protokol yang semakin ketat ini yaitu bahwa kalau kita keluar,  biarpun tidak ke kerumunan massa,  wajib pakai masker utk saling melindungi satu sama lain,” lanjut Yuri.
 
Karena menurut WHO ada satu golongan baru dalam proses penularan wabah ini yaitu OTG,
orang tanpa gejala: suhu tubuh normal, tidak batuk tapi sudah membawa virus karena daya tahan tubuhnya cukup kuat.

“Siapa di antara kita yang sempat bepergian ke wilayah zona merah atau wilayah yang sudah ada warganya positif Covid-19,  bisa jadi sudah menjadi OTG, “ sambung Yuri..

“Maka kita lindungi orang lain dari virus yang mungkin kita bawa itu. Semoga tidak ada satupun dari kita kena, sampai wabah ini tuntas diselesaikan, dengan mengikuti aturan atau protokol yang mungkin akan semakin ketat,” tandas Yuri.

Editor : Sulha Handayani