• News

  • Peristiwa

Ini Alasan Forum Cyber Indonesia Somasi Jurnalis Senior Farid Gaban

Ketua Forum Cyber Indonesia Muannas Alaidid.
PSI
Ketua Forum Cyber Indonesia Muannas Alaidid.

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Ketua Forum Cyber Indonesia Muannas Alaidid menjelaskan kenapa dirinya mengambil langkah hukum somasi kepada jurnalis senior Farid Gaban.

Dia menjelaskan tudingan cuitan Farid Gaban soal program Kementerian Koperasi dan UKM bersama situs jual beli onlinee blibli.com. menurut politisi PSI itu cuitannya menjurus pada tudingan kebohongan.

Hal itu diungkapkan Muannas lewat akun resmi twitternya @muannas_alaidi seperti dilansir Jakarta, Selasa (26/5/2020).

Soal somasi kita liat aja 2-3 hari kedepan, teten aja akui kok cuitannya dia tdk akurat, beda tipiskan dg tuduhan berita bohong, hasutan. tinggal buktiin aja kan menurut hukum apakah ini murni tuduhan atau bela diri sehingga dianggap kritik.

Pada cuitan lainnya, Muannas menuliskan. Di akhir Th. 2019, infonya Kemenkop dan Blibli sudah berdiskusi dan bertemu intinya bagaimana supaya membawa para umkm ini ke online/digital supaya jangkauan pemasaran lebih luas kabarnya mrk juga panggil ecomm2 lain di kesempatan yg berbeda dari info team kemenkop.

Dari konsep2 yg dipitching, mereka merasa Blibli yg paling serius dan share similar visi utk meningkatkan umkm indo.  itulah kenapa alasan blibli dipilih, semua transparan.

Kemudian Blibli membuat 'tempat' di platform, Hub KUMKM, di mana UMKM binaan Kemenkop (maupun yg baru bergabung/registered) bisa mulai berjualan online. Tidak ada dana pemerintah yg dikucurkan sama sekali.

Jadi kemenkop membantu memilih umkm2 yg ok dan siap, mereka bersama memberi training supaya umkm tsb bisa mulai jualan online, spiritnya semua sama membantu usaha masy kecil akibat wabah pandemi ini dg segala keterbatasan.

Sekali lagi, ini project gotong royong, pemerintah hny memberi dukungan moral (serta komunikasi mengenai kampanye national ini di TVRI, RRI). Bagi pihak swasta yg mau partisipasi, semua biaya ditanggung masing2, jadi jgn provokasi Rakyat bantu Rakyat Penguasa bantu Pengusaha.

Intinya, pemerintah ingin membuat UMKM diindo bisa survive (di tengah pandemi + psbb) semua unt usaha kecil dgn mulai berjualan online. Mengenai pendaftaran mau join ecomm mana, commercial agreement dll,itu langsung antara ecomm & umkm nya. Jgn dipelintir lg kaya kartu prakerja.

jadi intinya kerjasama ini tidak ada aliran dana APBN or anything dari pusat, kemenkop ke Blibli. Mereka hanya memfasilitasi dan mempercepat adopsi digital utk UMKM. Malah mereka yg harus keluar biaya promo, training dll yg saya dengar dan bisa dibuktikan.

Reporter : PD Djuarno
Editor : Sulha Handayani