• News

  • Peristiwa

Rupiah Terus Menguat, Ferdinand: Yang Pasti Bukan Karena Anies Berlakukan PSBL

Rupiah terus menguat terhadap dolar AS.
Monex
Rupiah terus menguat terhadap dolar AS.

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Politisi Partai Demokrat Ferdinand Hutahaean mengomentari nilai tukar rupiah yang terus menguat terhadap dolar AS. Hingga akhir pekan ini, dolar AS bertengger di posisi Rp 13.000an.

Ferdinand menyebut, menguatnya nilai tukar rupiah terhadap dolar AS disebabkan oleh dua faktor, yakni faktor eksternal dan internal.

"Mata uang Rupiah terus menguat terhadap Dolar Amerika. Faktor- faktornya tentu ada internal dan ada external," tulis Ferdinand di akun Twitternya, Sabtu (6/6/2020).

"Internal salah satunya Rencana Kebijakan New Normal dan external tentu masalah yang sedang hangat di Amerika," sambungnya.

Ferdinand kemudian menyebut bahwa rupiah menguat bukan karena Pemprov DKI Jakarta yang dipimpin Gubernur Anies Baswedan memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Lokal (PSBL) terkait pandemi Covid-19.

"Yang pasti bukan karena Jakarta PSBL (emoji tertawa)," sentil Ferdinand.

Mengutip data Bloomberg Jumat (5/6/2020) rupiah ditutup pada level Rp 13.878 per dollar AS atau menguat 218 poin (1,54 persen) dibandingkan penutupan sebelumnya pada level Rp 14.095 per dollar AS.

Reporter : Adiel Manafe
Editor : Sulha Handayani