• News

  • Peristiwa

BPBD: Waspasdai Cuaca Ekstrem Bisa Timbulkan Bencana

BPBD: Waspasdai cuaca ekstrem bisa timbulkan bencana.
BMKG
BPBD: Waspasdai cuaca ekstrem bisa timbulkan bencana.

SANGIHE, NETRALNEWS.COM - Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kepulauan Sangihe Sulawesi Utara, Rivo Pudihang meminta masyarakat setempat waspadai bencana alam saat cuaca ekstrem.

"Kami mengimbau masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap bencana alam saat cuaca ekstrem seperti ini," kata Rivo Pudihang di Tahuna, Senin, (8/6/2020).

Menurut dia, wilayah kepulauan Sangihe saat ini sedang cuaca ekstrem, khususnya laut dan angin serta hujan sehingga masyarakat di diminta meningkatkan kewaspadaan.

"Laut di perairan Sangihe saat ini lagi kencang, jadi masyarakat diminta untuk memperhatikan keadaan cuaca atau bisa menunda dulu aktivitas di laut sampai cuaca kembali tenang," kata Rivo.

Dia juga meminta kewaspadaan masyarakat yang bermukim di pesisir pantai terhadap bencana banjir ROB.

"Banjir ROB sempat terjadi di beberapa wilayah kepulauan Sangihe, syukur cepat surut. Namun demikian masyarakat yang bermukim di wilayah pesisir di minta tetap waspada,” ungkap Rivo, dilansir Antara.

Dia juga mengingatkan masyarakat yang melakukan perjalanan darat agar menghindari wilayah yang bisa menyebabkan longsor, pohon tumbang.

Demikian juga masyarakat yang bermukim di sekitar bantaran sungai dan lereng bukit supaya tetap waspada terhadap longsor dan dan ancaman banjir yang bisa terjadi setiap waktu.

Editor : Sulha Handayani