• News

  • Peristiwa

RR Batal Hadiri Debat, FH: Pak Luhut Tidak Antikritik Tapi Malah Pengkritiknya yang Mundur

Politisi Partai Demokrat Ferdinand Hutahaean
Istimewa
Politisi Partai Demokrat Ferdinand Hutahaean

JAKARTA, NETRALNEWS.COM – Debat terbuka antara Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Kemekomarves) Luhut Binsar Pandjaitan dengan ekonom senior Rizal Ramli yang sedianya digelar hari ini, Kamis (11/6/2020) ternyata batal.

RR menyatakan tidak akan hadiri debat yang akan membahas mengenai utang negara tersebut. Menurut mereka, pihak Menko Luhut yang tidak berkoordinasi mengenai penetapan debat yang dijadwalkan hari ini secara sepihak oleh kubu Luhut.  

Namun, menurut politisi Partai Demokrat Ferdinand Hutahaean (FH), Rizal Ramli lah yang batal hadir. Karena itu ia menyarankan kepada Pak Luhut untuk mengurus stafnya saja meladeni debat dengan RR.

“Saya sarankan pak Luhut

@kemenkomarves

 agar mengutus Staff nya saja meladeni diskusi ini setelah Rizal Ramli menyatakan batal hadir.

Pak Luhut telah tunjukkan dirinya tdk otoriter dan bukan anti kritik, tp pengkritiknya yg yang akhirnya mundur.” Kata Ferdinand di akun Twitternya, Kamis (11/6/2020).

Sebelumnya, seperti dilansir kompas.com, RR memastikan tak akan hadiri debat karena ditetapkan secara sepihak. Menurut dia, pihaknya melalui jejaring aktivis Pro Demokrasi (ProDem), telah menyiapkan debat itu pada 24 Juni 2020.

Sementara itu, Juru Bicara Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Jodi Mahardi mengatakan, pihaknya meminta hal yang setimpal kepada ekonom Rizal Ramli dalam debat mengenai utang luar negeri Indonesia.

Menurut Jodi, tawaran Rizal Ramli yang tidak akan mengkritik kabinet pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) masih kurang sepadan dengan apa yang diminta kepada Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan.

"Terus, kalau di sini dituntut mundur, di sana apa yang setimpal? Masa cuma berhenti mengkritik? Harus yang bombastis juga dong," ujar Jodi. Jodi juga mengatakan, permintaan Rizal Ramli untuk menghadirkan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dalam debat tidak akan diikuti.

"Ya, masa kami juga harus ngaturin semua tuntutannya, ngumpulin satu kabinet, kan pada sibuk. Emangnya enggak ada kerjaan," pungkasnya.

Reporter : Dimas Elfarisi
Editor : Sesmawati