• News

  • Peristiwa

Selamat HUT DKI, HNW: Semoga Tangguh Hadapi COVID-19, dan Bisa Membahagiakan Warganya

Wakil Ketua MPR, Hidayat Nur Wahid
Twitter
Wakil Ketua MPR, Hidayat Nur Wahid

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid (HNW) melalui akun Twitternya mengucapkan selamat ulang tahun ke-493 DKI Jakarta.

Hari ini Senin (22/6/2020) Ibu Kota memperingati hari jadi yang ke-493 Tahun.

Wakil Ketua Majelis Syuro PKS ini juga mendoakan agar DKI Jakarta selalu tangguh dalam menghadapi pandemi covid-19. Dan dia juga berharap agar Jakarta bisa lebih maju dan membahagiakan wargany.

"Selamat Memperingati HUT DKI JAKARTA KE-493

Semoga DKI Jakarta tetap tangguh dlm menghadapi ujian Covid-19 dan tantangan lainnya, agar semakin kokoh menjadi IBUKOTA yang maju dan membahagiakan warganya," tulis Hidayay Nur Wahid, Senin (22/6/2020).

Hari Ulang Tahun (HUT) Jakarta diperingati setiap tanggal 22 Juni. Jakarta adalah ibu kota negara Indonesia dan terletak di bagian barat laut Jawa.

Jakarta memiliki beberapa nama seperti Sunda Kelapa selama periode Kerajaan Sunda. Selain itu Jayakarta dan Batavia.

Nama Jakarta berasal dari sebuah bandar kecil di muara Sungai Ciliwung. Nama tertua Jakarta adalah Sunda Kelapa. Kata Sunda muncul di Jawa Barat, yaitu pada Prasasti Kebon Kopi II dan Prasasti Cicatih di Cibadak, yang menyebutkan tentang seorang raja maupun Kerajaan Sunda.

Sunda Kelapa adalah pelabuhan yang menjadi tempat singgahnya kapal-kapal dari berbagai negara seperti dari India, China, dan Jepang. Kemudian Fatahillah datang dari Banten dan merebut Sunda Kelapa pada 22 Juni 1527. Kala itu nama Sunda Kelapa diganti menjadi Jayakarta. Jayakarta memiliki arti membuat kemenangan.

Kemudian pada 30 Mei 1619 Kota Jayakarta berhasil dikuasai oleh Belanda. Sejak saat itul, nama Jayakarta menjadi Batavia. Kemudian pada masa penjajahan Jepang pada 1942, nama Batavia diganti menjadi Jakarta.

Editor : Sesmawati