• News

  • Peristiwa

Indonesia Juara Korban Covid ASEAN, HNW: Buktikan Reshuffle dan Bubarkan Lembaga Negara?

Wakil Ketua MPR, Hidayat Nur Wahid
Istimewa
Wakil Ketua MPR, Hidayat Nur Wahid

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Politisi Hidayat Nur Wahid (HNW) menyebut, target Presiden Joko Widodo bahwa Covid-19 harus turun pada Mei dinilai gagal.

Kata HNW, sejak Jokowi marah pada (18/6/2020) sampai dipublikasikan pada (28/6/2020), penanganan Covid-19 juga tidak kunjung membaik. 

Diketahui HNW, Indonesia malah makin jadi "juara". Juara dalam konteks, korban Covid-19 terbanyak se-ASEAN. 

HNW lantas mempertanayakan, perlu melakukan aksi apa lagi untuk menangani Covid-19 ini. Apa harus dengan membuktikan adanya reshuffle dan pembubaran negara, seperti yang dikatakan Jokowi.

"Perlu aksi apa lagi? buktikan reshufle&lembaga negara(spt BPIP)yg dibubarkan?," kata HNW, dikutip dari cuitannya, Senin (29/6/2020).

Pernyataan ini disampaikan HNW, salah satunya karena menanggapi beredarnya video Presiden Jokowi saat melakukan pertemuan bersama jajaran menteri. Pertemuan tertanggal (18/6/2020) lalu itu baru diedarkan berupa video oleh Kantor Staf Presidenan (KSP).

Sebagai informasi, pada video, Jokowi mengaku akan membuka langkah politik, pemerintahan, dan apapaun langkah yang extraordinary dalam tangani pandemi Covid-19. Semua dilakukan demi 267 juta penduduk Indonesia, negara. 

Salah satu upaya yang bisa dilalukan yakni, bisa saja membubarkan lembaga dan reshuffle kabinet. Bisa juga dilakukan tindakan membuat Peraturan Perundang-undangan (Perpu) apabila perlu.

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Sesmawati