• News

  • Peristiwa

Kasus Pencabulan di Gereja Depok, Tigor: Pengaduan Dibuka untuk Para Korban

Azas Tigor Nainggolan
foto: istimewa
Azas Tigor Nainggolan

DEPOK, NETRALNEWS.COM - Advokat Azas Tigor Nainggolan mengatakan bahwa sejak minggu lalu, tepatnya tanggal 30 Juni 2020 dan 2-3 Juli 2020 paroki Herkulanus Depok,  Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) membuka pos pengaduan korban dan keluarga korban pencabulan anak-anak yang aktif di gereja Herkulanus Depok.

"Pos pengaduan tersebut langsung dipimpin oleh Komisioner Komnas HAM, bapak Chaerul Anam beserta 4 orang stafnya. Pos Pengaduan ini sebagai respon atas pengaduan orang tua korban yang datang mengadu ke Komnas HAM pada hari Jumat 26 Juni 2020," ungkap Tigor, Rabu (8/7/2020).

Menurut Tigor, pos pengaduan itu dibuka untuk mendapatkan informasi langsung dari para korban dan orang tuanya serta para pengurus gereja St Herkulanus Depok.

"Setelah menerima pengaduan para korban ini, Komnas HAM melakukan dukungan penanganan tuntas atas kasus pencabulan-kekerasan seksual yang dialami oleh anak-anak di bawah umur yang aktif dalam kegiatan di paroki St Herkulanus Depok. Informasi lebih lanjut silahkan hubungi bapak Anam, Komisioner Komnas HAM di 081296480839," lanjut Tigor.

Sementara itu penyidikan kasus pencabulan dan kekerasan seksual ini masih ditangani oleh Polres Depok, masih dengan 2 orang korban dan 5 orang saksi.

"Laporan  dilakukan oleh 2 orang korban dan orang tua korban pada tanggal 24 Juni 2020 lalu. Korban dari kasus ini sendiri ada 21 orang korban yang sudah melapor kepada kami tim pendamping," pungkasnya.

Editor : Taat Ujianto