• News

  • Peristiwa

Hati-hati, WHO Sebut Virus Bisa Hidup di Udara 8 Jam dan Menularkan

Gunakan masker Anda kemanapun pergi
Warta
Gunakan masker Anda kemanapun pergi

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - WHO resmi menyatakan bahwa covid-19 tidak lagi hanya ditularkan lewat droplet  atau titik kecil air berisi virus dari batuk atau bersin. Tetapi sekarang virus tersebut dari hasil penelitian bisa bertahan di udara, melayang-layang sampai 8 jam sesudah keluar dari tubuh penderita saat bersin atau batuk, tidak lagi butuh medium cairan utk bertahan.

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Virus Corona, Achmad Yurianto, meminta seluruh masyarakat untuk menggunakan masker. Di ruangan tertutup, lebih lama lagi dia tahan dan lebih cepat mendarat di tubuh orang yang belum kena karena udara yang berputar di situ-situ saja.

“Karena itu tolong kita ikuti protokol yang semakin ketat ini yaitu bahwa kalau kita  keluar,
biarpun tidak ke kerumunan massa, wajib pakai masker utk saling melindungi satu sama lain karena menurut WHO ada satu golongan baru dalam proses penularan wabah ini yaitu OTG, (orang tanpa gejala): suhu tubuh normal, tidak batuk tapi sudah membawa virus karena daya tahan tubuhnya cukup kuat,” tutur Yuri, Jumat, (10/7/2020).

Ia menambahkan di antara kita yang sempat bepergian ke wilayah zona merah atau wilayah yang sudah ada warganya positif Covid-19, bisa jadi sudah menjadi OTG, (orang tanpa gejala).

“Maka kita lindungi orang lain dari virus yang mungkin kita bawa itu.  Semoga tidak ada satupun dari kita kena, sampai wabah ini tuntas diselesaikan, dengan mengikuti aturan atau protokol yang mungkin akan semakin ketat. “


Editor : Sulha Handayani