• News

  • Peristiwa

Hagia Sophia Jadi Masjid Paus Fransiskus Bersedih

Hagia Sophia jadi Masjid, begini cara Paus Fransiskus ekspresikan kesedihan.
Church
Hagia Sophia jadi Masjid, begini cara Paus Fransiskus ekspresikan kesedihan.

VATIKAN, NETRALNEWS.COM - Pemimpin Gereja Katolik Paus Fransiskus menyatakan kesedihannya pada Hari Minggu (12/7/2020), setelah keputusan Turki untuk mengubah bekas Katedral Bizantium Hagia Sophia menjadi masjid.

Dalam komentar improvisasi setelah membaca Angelus, Paus ingat bahwa 12 Juli adalah Minggu Laut, ketika Gereja sedunia berdoa bagi pelaut.

"Dan laut membawaku sedikit lebih jauh dalam pikiranku: ke Istanbul. Saya memikirkan Hagia Sophia, dan saya sangat sedih, ”katanya, menurut terjemahan tidak resmi yang dikeluarkan oleh Kantor Pers Takhta Suci, dilansir dari laman Vatican News Agency, Senin (13/7/2020).

Paus merujuk pada keputusan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan untuk menandatangani dekrit 10 Juli yang mengubah bangunan abad keenam menjadi tempat ibadah Islam. Dekrit presiden ditandatangani beberapa jam setelah putusan pengadilan hari Jumat, yang menyatakan melanggar hukum dekrit pemerintah berusia 80 tahun yang mengubah bangunan dari masjid menjadi museum.

Komentar Paus mengikuti publikasi artikel di media Kristen Ortodoks yang menanyakan mengapa Vatikan tidak mengomentari keputusan tersebut.

Patriark Ekumenis Bartholomew dari Konstantinopel, pemimpin spiritual Kristen Ortodoks Timur, mengatakan bahwa status bangunan sebelumnya sebagai museum menjadikannya "tempat pertemuan, dialog, solidaritas dan saling pengertian yang simbolis antara agama Kristen dan Islam."

Dalam homili 30 Juni, dia mengatakan bahwa Hagia Sophia, sebuah situs Warisan Dunia UNESCO, adalah "tidak hanya milik mereka yang memilikinya saat ini, tetapi juga untuk semua umat manusia".

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Sulha Handayani