• News

  • Peristiwa

Anda Seorang Guru? Ini Berita Baik dari Kemendikbud untuk Anda

Informasi pembukaan pendaftaran seleksi Guru Penggerak yang disampaikan Kemendikbud.
foto: antara
Informasi pembukaan pendaftaran seleksi Guru Penggerak yang disampaikan Kemendikbud.

Pendaftaran bagi guru SLB akan dibuka untuk angkatan selanjutnya. Sementara, untuk pendaftaran calon Guru Penggerak bagi guru SMK nantinya akan dikelola Direktorat Jenderal Vokasi Kemendikbud.

Ia mengajak para guru untuk memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya.

"Siapa pun yang ingin pendidikan kita maju, mari daftar dan jadi bagian dari Guru Penggerak untuk perubahan," ajak dia.

Tahap pertama seleksi calon Guru Penggerak (23-30 Juli 2020) akan meliputi seleksi administrasi, biodata, tes bakat skolastik, dan esai.

Mereka yang lolos seleksi tahap satu selanjutnya akan mengikuti, tahap kedua (31 Agustus - 16 September 2020) akan meliputi simulasi mengajar dan wawancara. Hasil seleksi calon Guru Penggerak angkatan pertama akan diumumkan pada 19 September 2020.

Guru-guru yang lolos seleksi, menurut  Iwan Syahril, akan mengikuti program pendidikan yang meliputi pelatihan kepemimpinan instruksional melalui "on-the-job coaching", serta pendekatan formatif berbasis pengembangan dan kolaborasi. Selama pelaksanaan program, guru akan dibimbing oleh instruktur, fasilitator, dan pendamping profesional.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Kadisdikbud) Provinsi Jawa Tengah, Jumeri menjelaskan,Guru Penggerak tidak cukup hanya pintar untuk dirinya sendiri.

"Guru Penggerak harus bisa membangkitkan semangat lingkungannya untuk maju bersama," katanya.

Jumeri menjelaskan pihaknya membutuhkan guru-guru terbaik untuk bisa menggerakkan pendidikan. Saat ini di Jawa Tengah memiliki 2.496 guru berprestasi dan guru berinovasi.

"Insya Allah, kami persiapkan untuk mengkuti program Guru Penggerak,” katanya.

Kadisdik Kota Malang, Zubaidah, mengatakan tugas guru adalah tugas yang mulia. Bukan hanya menyampaikan materi agar anak menjadi tahu saja, tetapi sesuai dengan visi misi Guru Penggerak.

Editor : Taat Ujianto