• News

  • Peristiwa

Sebut Tertangkapnya DT karena Masyarakat, Tokoh Papua: Fungsi Pemerintah Sangat Lemah

Tokoh Papua, Christ Wamea
Istimewa
Tokoh Papua, Christ Wamea

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Tokoh masyarakat Papua, Christ Wamea menanggapi terbongkarnya kasus korupsi yang dilakukan oleh Djoko Tjandra. Menurutnya, terbongkarnya kasus tersebut karena adanya peran serta masyarakat.

Dikatakannya, jika publik tidak dak mengawal kasus tersebut, maka mafia kasus akan menang. Terlebih dirinya menilai fungsi pemerintah sangat lemah karena 4 institusi, seperti imigrasi, kepolisian, kejaksaan dan Kemendagri dikelabui Djoko Tjandra.

"Terbongkarnya kasus Djoko Tjandra itu karena peran serta masyarakat dlm mengawal kasus tersebut. Jika publik tdk mengawal dgn ketat mk mafia kasus ini akan menang. Fungsi pemerintah sangat lemah krn 4 institusi spt Imigrasi, Kepolisian, Kejaksaan & Kemendagri dikelabui DT," kata Christ dalam akunnya @ChristWamea.

Sebelumnya Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menyatakan penangkapan buronan 11 tahun Djoko Tjandra oleh Kepolisian Republik Indonesia (Polri) tidak lepas dari peran masyarakat yang melakukan pengawasan.

Menurut Mahfud, jika tidak ada pengawasan dari masyarakat, maka peristiwa penangkapan ini tidak akan terjadi.

"Penangkapan Djoko Tjandra ini karena masyarakat yang sangat mendorong," kata Mahfud.

Mahfud menuturkan bagaimana masyarakat terkejut mengetahui keberadaan buronan kakap Djoko Tjandra lenggang kangkung di Jakarta. Hal itu membuat Pemerintah pun terkejut.

Reporter : Wahyu Praditya Purnomo
Editor : Sesmawati