• News

  • Peristiwa

Muannas Alaidid: Video Obat Covid-19 Dunia Manji Mirip Video Prank

 Muannas Alaidid: Video obat Covid-19 Dunia Manji mirip video prank.
Youtube
Muannas Alaidid: Video obat Covid-19 Dunia Manji mirip video prank.

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - CEO Cyber Indonesia Muannas Alaidid menduga sedari awal video soal obat Covid-19 di kanal Youtuber Dunia Manji mirip video prank. Pasalnya, pilihan judul yang diberikan bombastis, sementara isi konten dimanipulasi dan sarat kebohongan.

Disebutnya, Ikatan Dokter Indonesia (IDI) juga mendesak pembuktian Hadi Pranoto soal rapid dan swab yang katanya hanya 10 sampai dengan 20 ribu dan dianggap jauh lebih efektif.

Padahal, batasan tarif pemeriksaan resmi unuk rapid seharga ratusan ribu dan swab bisa jutaan rupiah. Menurutnya, dugaan kabar bohong ini bukan dari dirinya, tapi dari IDI dan agar dapat diselidiki.

"Bhw menyebarkan berita bohong itu tindak pidana & beralasan bila ditindak tegas," kata Muannad, dikutip dari cuitannya, Jumat (7/8/2020).

Lebih lanjut Muannas beberkan, bantahan berikutnya dari Kementistek soal gelar profesor dan pakar mikrobiologi. Gelar sengaja disematkan di depan nama Hadi Pranoto dalam konten.

"Padahal bukan itu juga dilarang UU ITE dpt dianggap sbg kabar bohong apalagi sesekali anji kadang menyebut dia dg sebutan dokter," cuit dia.

Maka dari itu, pilihan judul konten ‘Obat Covid-19 Sudah Ditemukan’ dalam kanal Youtube Dunia Manji tidak boleh dan terindikasi sebagai kebohongan/penipuan terhadap masyarakat. Produk herbal Hadi Pranoto dibantah bukan obat, karena bila obat mestinya ada uji klinik. "Ini bukan kata saya, kata IDI," sambung dia.

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Sulha Handayani