• News

  • Peristiwa

Bima Arya: Penyebab Utama Kasus Covid-19 di Bogor adalah Cluster Keluarga

Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto
AyoSemarang
Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto

BOGOR, NETRALNEWS.COM - Wali Kota Bogor Bima Arya mengatakan, penularan di dalam keluarga jadi penyebab utama kasus Covid-19 di Kota Bogor. 

Sampai 20 Agustus 2020 ada 134 kasus positif yang berasal dari 36 kluster keluarga. Ada indikasi virus dibawa masuk ke keluarga oleh anggota keluarga yang tanpa gejala. 

"Fatal apabila menulari anggota keluarga yang punya penyakit bawaan, lansia atau anak-anak," kata Bima dalam keterangannya, Kamis (20/8/2020).

Kata Bima, pemerintah kota akan gencarkan kampanye masif protokol kesehatan di semua wilayah bersama semua kalangan masyarakat dan TNI-Polri. 

Kampanye dilakukan agar masyarakat terus waspada dan paham bahwa situasi jauh dari aman. Misalnya masker, cuci tangan, jaga jarak dan selalu bersihkan diri sebelum interaksi dengan keluarga ketika sampai di rumah. 

Bima juga perintahkan semua wilayah terus lakukan deteksi aktif kasus Covid-19 dan gencarkan edukasi secara masif lewat semua kanal. Kanal diantaranya cetak, tatap muka, sosial media sampai pengeras suara di semua tempat ibadah. 

"Disipiln kita, vaksin kita," tegas Kang Bima.

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Nazaruli