• News

  • Peristiwa

Tokoh Papua Sebut Tujuan Buzzer Satu: Agar Merawat Perpecahan Sesama Anak Bangsa

Tokoh Papua sebut tujuan buzzer satu Agar Merawat Perpecahan Sesama Anak Bangsa
Tekno
Tokoh Papua sebut tujuan buzzer satu Agar Merawat Perpecahan Sesama Anak Bangsa

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Tokoh Papua, Christ Wameamengomentari keberadaan para buzzer atau influencer. Menurutnya, tujuan buzzer agar merawat perpecahan diantara anak bangsa.

"Tujuan dipelihara akun2 buzzer rezim Cuma satu agar merawat perpecahan diantara sesama anak bangsa," kata Christ dalam akun twitternya @ChristWamea.

Sebelumnya ICW merasa kuatir meningkatnya penggunaan jasa influencer oleh instansi pemerintah akan membuat pemerintah terbiasa mengambil jalan pintas.

Peneliti ICW Egi Primayogha mengatakan, jalan pintas yang dimaksud adalah Pemerintah memanfaatkan influencer untuk memengaruhi opini publik terkait sebuah kebijakan yang kontroversial.

"Misalnya guna memuluskan sebuah kebijakan publik yang terutamanya mendapat kontroversi, maka Pemerintah mengambil jalan pintas dengan menggunakan jasa influencer untuk mempengaruhi opini publik," kata Egi dalam konferensi pers, Kamis (20/8/2020).

Egi mengatakan, hal tersebut dapat menjadi persoalan karena mengindikasikan tidak sehatnya proses demokrasi.

Sebab, pengerahan influencer itu dikhawatirkan menutup ruang percakapan publik terkait kebijakan kontroversial tersebut.

"Dia bisa bisa mengaburkan substansi kebijakan yang telah disusun, dan pada ujung akhirnya berakibat pada tertutupnya ruang percakapan publik tentang kebijakan itu," kata Egi.

Reporter : Wahyu Praditya Purnomo
Editor : Sulha Handayani