• News

  • Peristiwa

Din Malu Lihat HS Sebut Dirinya Profesor Beneran tapi RG Belum Tentu, MLT: Betul Pak Din

Din Syamsuddin
Infomenia.ct
Din Syamsuddin

JAKARTA, NETRALNEWS.COM -  Pernyataan Mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah, Prof Dr KH Muhammad Sirajuddin Syamsuddin MA atau Din Syamsuddin yang merasa malu dengan gaya debat Staf Ahli Menteri Komunikasi dan Informatika, Prof Henry Subiakto, menjadi sorotan warganet di sosial media. 

Prof Henry terlibat perdebatan panas dengan Rocky Gerung saat tampil di program acara Dua Sisi TV One dengan tema “Ketika influencer diguyur uang Rp90 miliar”.  Dalam debat itu, Henry menyerang pribadi Rocky Gerung dan menyatakan dirinya sebagai guru besar Universitas Airlangga (Unair).

“Saya mengikuti debat tersebut dan merasa malu ada seorang guru besar (Hendry Subiakto) yang kalah berdebat tentang substansi kemudian menyerang lawan debatnya (Rocky Gerung) secara pribadi,” terang Din Syamsuddin.

“Ujaran yang bersangkutan kepada Rocky Gerung tidak mencerminkan sikap seorang guru besar,” tambah Guru Besar Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta itu.

Akun FB @Mak Lambe Turah, Kamis (3/9/2020) membuat cuitan menanggapi hal itu, katanya:

Betul Pak Din, Mak setuju dengan opini pak Din.
Rata2 kaya gitu toko sebelah, kalo Mak posting fakta mesti nyerangnya pribadi
Eh ko jadi Mak, maksudnya pak Jokowi

Sebelumnya dilansir Pojoksatu.com, menurut Din, gelar akademik tidak menjamin seseorang bisa menjadi lebih bijak dan memiliki pengetahuan lebih. Hal itu, kata dia, dicerminkan Rocky Gerung yang hanya tamat sarjana. Tapi kapasitas keilmuannya melebih professor.

“Jelas, Rocky Gerung walau hanya lulusan S1 tapi memiliki kapasitas keilmuan dan filsafat melebihi S3 dan professor. Argumen-argumennya sangat dalam dan mencerahkan. Sayang mitra debat tidak mampu melayani, akhirnya mengalihkan perhatian ke persoalan non substantif,” katanya.     

Ketika seseorang yang kalah berdebat dan secara emosional tidak bisa mengontrol maka kemudian akan menyerang lawannya tentang hal-hal pribadi.

“Inilah masalah kita sekarang, berdebat tapi tidak menanggapi isi, tapi mengalihkan kepada hal pribadi. Kalah berdebat akhirnya menyerang pribadi lawan debat tanpa argumen bermutu,” tandas Din Syamsuddin.

Sebelumnya, Rocky Gerung dan Prof Henry Subiakto terlibat perdebatan panas saat tampil di program acara Dua Sisi TV One dengan tema “Ketika influencer diguyur uang Rp90 miliar”.

Pada kesempatan itu, Prof Henry mengejek Rocky Gerung dengan menyebut Rocky hanya bicara imajinasi berdasarkan teori yang sudah tidak laku di kampus.

“Supaya orang seperti Rocky ini tahu fakta, karena dia hanya bicara secara imajinasi dan pakai teori yang kadang-kadang di kampus saya sudah ketinggalan zaman. Saya guru besar Universitas Airlangga,” ucap Prof Henry.

“Mudah-mudahan otakmu besar juga,” balas Rocky Gerung sambil tersenyum.

“Ya, minimal saya profesor beneran, kalau Anda belum tentu,” jawab Henry Subiakto

Editor : Taat Ujianto