• News

  • Peristiwa

Putri Mentan dapat Posisi Komisaris di BUMN, FH: Erick, Anda Offside

Politisi Partai Demokrat Ferdinand Hutahaean
Istimewa
Politisi Partai Demokrat Ferdinand Hutahaean

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Partai Nasdem kembali mendapat ‘jatah’ kursi empuk di kekuasaan negeri ini. Politisi Nasdem Indira Chunda Thita Syahrul, putri dari Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo resmi duduk di kursi BUMN.

Terkait penunjukan Thita menjadi Komisaris PT Petrokimia Gresik mendapat tanggapan dari politisi asal Partai Demokrat, Ferdinand Hutahaean. Dalam akun Twitternya, Ferdinand mengkritisi penunjukan tersebut.

Menurutnya penunjukan Thita sebagai komisaris terlalu kasar dan keterlaluan. Ia pun mempertanyakan pengetahuan putri menteri tersebut terkait pupuk.

"Pak @jokowi yth, kebijakan menempatkan Putri kandung Menteri Pertanian di BUMN Pupuk ini terlalu kasar dan keterlaluan. Atas dasar pengetahuan apa Thita soal pupuk? Apakah murni krn kekuasaan bapaknya di @kementan?" kata Ferdinand dalam akun Twitter pribadinya.

"Erick, anda offside @Kemen BUMN," lanjut Ferdinand.

Diketahui Indira Chunda Thita Syahrul yang akrab disapa Thita itu resmi menjadi Komisaris PT Petrokimia Gresik. Perusahaan milik negara yang bergerak di bidang pupuk ini diharapkan tidak terjadi conflict of interest dengan kementerian pertanian yang dikomando bapaknya.

Pengalaman Thita SYL di bidang perpupukan

Selama ini belum teruji secara bisnis. Thita hanyalah politisi murni. Meskipun Thita pernah menjadi anggota Komisi IV DPR RI yang membidangi pertanian.

Thita sendiri adalah Anggota DPR RI dua periode 2009-2019 dari PAN. Lalu pada Pemilu 2019 pindah ke Partai Nasdem mengikuti bapaknya.

Pengumunan daftar direksi dan komisaris baru PT Petrokimia Gresik terungkap di laman instagram @petrokimiagresik_official yang diposting Rabu pagi (26/8/2020).

Reporter : Wahyu Praditya Purnomo
Editor : Sesmawati