• News

  • Peristiwa

Walk Out Rapat Paripurna, NasDem Sebut Eksekutif tak Akomodir Aspirasi Rakyat

Ketua Fraksi Nasdem DPRD DKI Jakarta, Wibi Andrino
Istimewa
Ketua Fraksi Nasdem DPRD DKI Jakarta, Wibi Andrino

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Ketua Fraksi Nasdem DPRD DKI Jakarta, Wibi Andrino mengaku turut menolak pengesahan Pertanggungjawaban Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (P2APBD) DKI Jakarta Tahun Anggaran 2019.

Fraksi NasDem pun melakukan aksi walk out, keluar ruangan Rapat Paripurna Wibi beralasan, eksekutif dalam hal ini Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dan jajarannya tidak mengakomodir aspirasi rakyat melalui reses anggota DPRD DKI Jakarta.

"Karena hasil reses anggota DPRD DKI Jakarta tidak tercermin dalam APBD DKI 2019. Dalam hal ini, menggunakan APBD kan. Ketika kita reses, kita tidak bisa mempertanggungjawabkan kepada masyarakat," ujar Wibi, usai keluar saat rapat paripurna DPRD DKI Jakarta, Senin (7/9/2020).

Menurutnya, setiap kali reses anggota DPRD DKI Jakarta, masyarakat selalu mengajukan program kegiatan untuk perbaikan lingkungan mereka. Namun, dalam P2APBD tahun anggaran 2019 tidak diketahui hasil reses itu dimasukkan atau nggak.

"Kita tidak mengetahui, apa hasil reses itu dimasukkan ke dalam APBD atau nggak. Kita minta ini saja, sederhana. Di komisi A, kita minta agar Bappeda mengakomodir hasil reses yang jumlahnya 1100 lebih kegiatan. Yang mana itemnya?, Itu tidak terlihat. Tidak bisa disajikan," ujarnya.

Dia mencontohkan, warga membutuhkan ruang terbuka. Tapi, Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait tidak mengakomodir aspirasi itu. Menurutnya, APBD DKI Jakarta itu tidak dipertanggungjawabkan Gubernur DKI Jakarta, melainkan anggota DPRD DKI Jakarta secara keseluruhan.

"Tindakannya, ya pak Anies harus memperbaiki itu. Harus ada keterbukaan dalam hal hasil reses anggota DPRD DKI Jakarta," tegasnya.

Reporter : Wahyu Praditya Purnomo
Editor : Sesmawati